Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Pengalaman Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) terhadap Kompetensi Profesional Guru Akuntansi SMK Bisnis Manajemen di Kabupaten Tegal

Sukmaning Rosialita, 7101408213 (2012) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Pengalaman Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) terhadap Kompetensi Profesional Guru Akuntansi SMK Bisnis Manajemen di Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kompetensi profesional guru akuntansi SMK Bisnis Manajemen di Kabupaten Tegal masih kurang optimal. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya guru yang belum melaksanakan penelitian tindakan kelas, kurang kreatif dalam pembelajaran serta belum memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan pengalaman diklat (pendidikan dan pelatihan) secara simultan maupun parsial terhadap kompetensi profesional guru akuntansi SMK Bisnis Manajemen di Kabupaten Tegal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan pengalaman diklat (pendidikan dan pelatihan) secara simultan maupun parsial terhadap kompetensi profesional guru akuntansi SMK Bisnis Manajemen di Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru akuntansi SMK Bisnis Manajemen di Kabupaten Tegal. Sampel penelitian berjumlah 44 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan penelitian populasi. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara supervisi akademik kepala sekolah dan pengalaman diklat (pendidikan dan pelatihan) terhadap kompetensi profesional guru akuntansi SMK Bisnis Manajemen di Kabupaten Tegal baik secara simultan maupun parsial. Dengan kontribusi secara simultan sebesar 65,4 %, sedangkan secara parsial memberikan kontribusi sebesar 43,43 % untuk supervisi akademik kepala sekolah dan 38,07 % untuk pengalaman diklat (pendidikan dan pelatihan). Kesimpulannya supervisi akademik kepala sekolah dan pengalaman diklat (pendidikan dan pelatihan) berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap kompetensi profesional guru akuntansi SMK Bisnis Manajemen di Kabupaten Tegal. Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian ini yaitu kepala sekolah hendaknya memberikan penjelasan dan motivasi pentingnya penelitian tindakan kelas untuk perbaikan pembelajaran serta memberikan apresiasi atau reward kepada guru terkait hasil supervisi akademik. Guru harus memperluas pengetahuannya tentang penelitian tindakan kelas serta memiliki motivasi dalam penulisan karya ilmiah dan modul dengan banyak menulis dan membaca untuk memperluas wawasan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Pengalaman Diklat
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Sep 2012 01:23
Last Modified: 10 Sep 2012 01:23

Actions (login required)

View Item