Pengaruh Minat Berkoperasi, Kepercayaan, Dan Loyalitas Anggota Terhadap Partisipasi Anggota Di KUD Mekar Ungaran Kabupaten Semarang

Ari Ikawati, 7101407191 (2012) Pengaruh Minat Berkoperasi, Kepercayaan, Dan Loyalitas Anggota Terhadap Partisipasi Anggota Di KUD Mekar Ungaran Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Keberhasilan koperasi dapat dilihat dari partisipasi anggota menjadi anggota aktif dan dapat memanfaatkan unit usaha koperasi tersebut dengan baik. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya komponen yang mendukung, salah satunya adalah tingkat minat berkoperasi yang tinggi, kepercayaan anggota pada pengurus koperasi dan loyalitas anggota. Sehingga anggota akan termotivasi untuk menjadi anggota yang berpartisipasi aktif dalam koperasi tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh minat berkoperasi, kepercayaan dan loyalitas anggota terhadap partisipasi anggota. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota KUD Mekar Ungaran Kabupaten Semarang sejumlah 6328 anggota. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster proportional random sampling sehingga diperoleh sampel 100 orang. Ada empat variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu minat berkoperasi (X1), kepercayaan (X2), loyalitas anggota (X3), dan partisipasi anggota (Y). Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang dihimpun dengan mengggunakan kuesioner yang telah diuji validitasnya dan reliabilitasnya. Metode analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil analisis regresi berganda dengan SPSS versi 16.00 diperoleh persamaaan Y= 3,072+0,497X1+0,174X2+0,145X3. Baik secara simultan maupun secara parsial variabel minat berkoperasi, kepercayaan dan loyalitas anggota berpengaruh terhadap partisipasi anggota. Besarnya pengaruh ketiga variabel tersebut sebesar 53,1%. Saran yang dapat disampaikan yaitu koperasi perlu meningkatkan loyalitas anggota seperti menyediakan barang dagangan yang relatif lebih baik dan lebih lengkap atau yang belum tersedia di tempat lain sehingga anggota akan termotivasi untuk berpartisipasi dalam memanfaatkan unit koperasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat berkoperasi, kepercayaan, loyalitas anggota, partisipasi anggota
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Sep 2012 23:00
Last Modified: 09 Sep 2012 23:00

Actions (login required)

View Item