Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa

Nur Fuad Lizamul Muayyad, 7101406111 (2012) Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Salah satu upaya untuk mencapai tujuan pendidikan adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan. Mutu pendidikan yang baik antara lain dapat dilihat dari prestasi belajar yang dicapai oleh siswa. Berdasarkan survey pendahuluan, peneliti menemukan data tentang prestasi belajar siswa yang sangat rendah. Hal ini dilihat pada nilai Ujian Tengah Semester, dari total 50 siswa kelas XI AK 1 dan kelas XI AK 2 terdapat 32 siswa (64,00%) yang tidak lulus KKM. Prestasi belajar siswa sangat rendah. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi, maka dilakukan penelitian tentang faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yang diwakili oleh motivasi belajar dan presepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa 2011/2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah daftar nilai siswa berupa nilai ulangan harian siswa dan nilai mid semester, serta angket siswa mengenai motivasi berprestasi dan persepsi siswa mengenai kompetensi pro fesional guru. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif persentase, metode ini digunakan untuk mendeskripsikan masing – masing variabel yang ada pada penelitian ini yang terdiri dari motivasi berprestasi siswa dan persepsi siswa mengenai kompetensi professional guru. Hasil penelitian ini diperoleh besarnya pengaruh motivasi berprestasi siswa dan persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi 2011/2012 SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa adalah sebesar 43,00%. Selebihnya 57,00% variabel prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor lain di luar model regresi ini. Jika dilihat dari tiap variabel, besarnya pengaruh motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar siswa sebesar 17,89% dan besarnya pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 12,60%. Berdasarkan penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa pada siswa kelas XI Akuntansi 2011/2012 SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu : Siswa hendaknya meningkatkan motivasi berprestasi. Guru perlu meningkatkan kompetensi guru. Sekolah hendaknya menggunakan kurikulum yang mengacu pada peningkatan motivasi berprestasi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi berprestasi, Persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru, Prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Sep 2012 22:45
Last Modified: 09 Sep 2012 22:45

Actions (login required)

View Item