Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Setia Budhi Semarang Tahun Ajaran 2011/2012

Fitriani Wulandari, 7101406023 (2012) Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Setia Budhi Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pembelajaran akuntansi pada dasarnya dapat menggunakan berbagai macam metode pembelajaran. Salah satunya adalah metode STAD dapat mendorong siswa untuk belajar aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai hasil yang maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah a) apakah pembelajaran kooperatif STAD lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar jurnal penyesuaian b) apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran STAD dengan kelas yang menggunakan metode konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui solusi dari permasalahan yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Akuntansi SMK Setia Budhi Semarang. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol diambil dengan cara diacak atau diundi, terpilih kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AK 2 sebagai kelas kontrol. Analisis datanya menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Berdasarkan hasil uji tahap akhir, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol, dan kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan diatas KKM. Dapat diambil simpulan bahwa pembelajaran kooperatif STAD lebih efektif daripada metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa serta terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif STAD dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar jurnal penyesuaian pada siswa kelas X Akuntansi SMK Setia Budhi Semarang tahun ajaran 2011/2012. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif STAD dapat digunakan sebagai variasi dalam pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Sep 2012 22:42
Last Modified: 09 Sep 2012 22:42

Actions (login required)

View Item