Peran Satuan Pengawasan Internal dalam Pelaksanaan Good Corporate Governance (Studi Kasus pada Badan Layanan Umum non Perguruan Tinggi se-Jawa)

Rischa Inung Fauziah, 7250408019 (2012) Peran Satuan Pengawasan Internal dalam Pelaksanaan Good Corporate Governance (Studi Kasus pada Badan Layanan Umum non Perguruan Tinggi se-Jawa). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pengelolaan yang baik (Good Corporate Governance) bagi satuan kerja pemerintah merupakan tuntutan masyarakat yang harus dibuktikan pelaksanaanya. Pengelolaan yang baik mencakup transparansi, kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kewajaran, dimana keseluruhan dimensi ini harus terpenuhi untuk pengakuan kredibilitas atas satker pemerintah. Pengelolaan yang baik ini dapat ditunjang salah satunya dengan adanya fungsi satuan pengawasan internal di dalam satker pemerintah. Satuan Pengawasan Internal dilihat berdasarkan pendekatan pelaksanaan pekerjaan lapangan dari auditor tersebut, dengan dimensi pengelolaan fungsi audit, lingkup penugasan, perencanaan penugasan, pelaksanaan penugasan, komunikasi dan hasil penugasan, pemantauan tindaklanjut, resolusi penerimaan resiko. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini: (1) Bagaimanakah peran SPI dalam pencapian GCG pada satuan kerja Badan Layanan Umum non Perguruan Tinggi, (2) Bagimana pencapaian GCG pada satuan kerja Badan Layanan Umum non Perguruan Tinggi, (3) Apakah peran SPI berpengaruh positif dalam pelaksanaan GCG pada satuan kerja BLU non Perguruan Tinggi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 13 satker BLU dengan 39 responden. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang dilakukan pada satker BLU se-Jawa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner (mail survey). Analisis data dalam penelitian ini merupakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Confirmatory Factor Analysis (CFA) dengan menggunakan alat uji SmartPLS Versi2. Penelitian dengan metode deskriptif dan SEM, diperoleh hasil bahwa SPI memiliki peran yang cukup signifikan dalam pelaksanaan GCG, atau peran Satuan Pengawasan Internal berpengaruh positif dalam pelaksanaan Good Corporate Governance. Pencapaian GCG berebeda-beda antara satker satu dengan yang lainnya, tergantung keefektifan SPI dan sistem yang mengaturnya. Simpulan dari penelitian ini yaitu peran Satuan Pengawasan Internal berpengaruh sebesar nilai 81.97% terhadap pelaksanaan GCG. Pencapaian Good Corporate Governance dalam satker BLU non perguruan tinggi telah berjalan maksimal, dengan kategori yang baik. Peran Satuan Pengawasan Internal berpengaruh positif dalam pelaksanaan Good Corporate Governance pada BLU non perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Satuan Pengawasan Internal, Partial Least Square (PLS)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Sep 2012 22:23
Last Modified: 09 Sep 2012 22:23

Actions (login required)

View Item