Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Peringkat Obligasi

Ayu Gandar Utami, 7250408053 (2012) Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Peringkat Obligasi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Peringkat obligasi merupakan skala risiko dari obligasi-obligasi yang diperdagangkan. Investor memerlukan informasi mengenai peringkat obligasi dari perusahaan-perusahan yang akan menjadi ladang investasinya. Terdapat beberapa kejadian yang membuktikan bahwa adanya itikad kurang baik dari perusahaan penerbit obligasi dalam memberikan informasi kepada publik yang dinilai kurang transparan dalam penyampaian informasi mengenai perusahaan penerbit obligasi.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris, komisaris independen dan komite audit terhadap peringkat obligasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang mengeluarkan obligasi, terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2010 dan sampel berjumlah dari 117 perusahaan yang telah dipilih melalui kriteria yang telah ditetapkan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi terhadap data sekunder, kemudian perusahaan dikelompokkan sesuai dengan peringkat obligasinya untuk mengetahui perusahaan tersebut masuk dalam kategori investment grade atau speculative grade. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi logistik dengan α 0.05. Berdasarkan olah data dengan regresi logistik menunjukkan bahwa mekanisme corporate governance dengan indikator kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris, komisaris independen dan komite audit tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah variabel kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris, komisaris independen dan komite audit tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu : penelitian selanjutnya dapat menggunakan lebih dari 2 kategori peringkat obligasi, penelitian selanjutnya dapat menggunakan mekanisme corporate governance dan rasio keuangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peringkat Obligasi, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan_Manajerial, Ukuran Dewan Komisaris, Komisaris Independen, Komite Audit.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Sep 2012 22:19
Last Modified: 09 Sep 2012 22:19

Actions (login required)

View Item