Model Permainan Bola Voli Tanah Panas Untuk Materi Bola Voli Penjasorkes Siswa Kelas V SD Negeri 2 Ngetuk Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara

Handi Nugroho Saputro, 6101408127 (2012) Model Permainan Bola Voli Tanah Panas Untuk Materi Bola Voli Penjasorkes Siswa Kelas V SD Negeri 2 Ngetuk Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pembelajaran bola voli di Sekolah Dasar selama ini dirasa kurang efektif. Hal ini dikarenakan oleh: (1) sarana dan prasarana yang kurang mendukung, khususnya lapangan dan net bola voli, (2) Pembelajaran bola voli belum sesuai dengan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan siswa Sekolah Dasar sehingga siswa kesulitan dalam menguasai gerak dasar permainan bola voli. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya alternativ model pembelajaran bola voli. Ditemui perumusan masalah bagaimana model pembelajaran permainan bola voli yang efektif untuk materi bola voli penjasorkes siswa kelas V Sekolah Dasar, sehingga penelitian bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran bola voli berupa permainan bola voli yang efektif untuk materi bola voli penjasorkes siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang merupakan dasar untuk mengembangkan produk yang akan di hasilkan, adapun prosedur/langkah-langkahnya sebagai berikut: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, dan (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Berdasarkan evaluasi dari satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran serta uji coba kelompok kecil yang berjumlah 12 siswa putra kelas V SD Negeri 2 Ngetuk, dan uji lapangan yang berjumlah 37 siswa kelas V SD Negeri 2 Ngetuk, sampel dipilih secara total (total sampling). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner oleh siswa. metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskripsi persentase, untuk mengungkap aspek psikomotor, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 84,00% (baik), ahli pembelajaran I 85,33% (baik), ahli pembelajaran II 85,33% (baik), uji coba kelompok kecil 85,83% (baik), uji coba lapangan 90,18% (sangat baik). Dari data keseluruhan yang ada maka dapat diperoleh persentase skala penilaian dan persentase pilihan jawaban rata-rata 86,13%. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka produk permainan bola voli tanah panas ini telah memenuhi kriteria baik, sehingga dapat digunakan untuk siswa kelas V SD Negeri 2 Ngetuk. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka model permainan bola voli tanah panas dapat digunakan guru pendidikan jasmani sebagai penyampaian materi permainan bola voli dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan siswa kelas V Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; bola voli; tanah panas
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Sep 2012 21:12
Last Modified: 06 Sep 2012 21:12

Actions (login required)

View Item