PENGARUH LATIHAN SMASH DENGAN POSISI NET TETAP DAN NET BERUBAH TERHADAP HASIL LATIHAN SMASH ATLET PUTRA KELOMPOK UMUR 11-15 TAHUN PADA KLUB BULUTANGKIS (Eksperimen pada Atlet Putra Kelompok Umur 11-15 Tahun Pada Klub Bulutangkis Serulingmas Banjarnegara) Tahun 2009

Wahyu Pratama Bagus. S, 6101405049 (2009) PENGARUH LATIHAN SMASH DENGAN POSISI NET TETAP DAN NET BERUBAH TERHADAP HASIL LATIHAN SMASH ATLET PUTRA KELOMPOK UMUR 11-15 TAHUN PADA KLUB BULUTANGKIS (Eksperimen pada Atlet Putra Kelompok Umur 11-15 Tahun Pada Klub Bulutangkis Serulingmas Banjarnegara) Tahun 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH LATIHAN SMASH DENGAN POSISI NET TETAP DAN NET BERUBAH TERHADAP HASIL LATIHAN SMASH ATLET PUTRA KELOMPOK UMUR 11-15 TAHUN PADA KLUB BULUTANGKIS (Eksperimen pada Atlet Putra Kelompok Umur 11-15 Tahun Pada Klub Bulutangkis Serulingmas Banjarnegara))
Download (899Kb)

    Abstract

    Permainan bulutangkis adalah cabang olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Salah satu teknik dasar olahraga bulutangkis yang banyak digunakan untuk mematikan permainan lawan adalah smash. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh dan manakah yang lebih baik antara latihan smash dengan posisi net tetap dan net berubah terhadap hasil latihan smash atlet putra kelompok umur 11-15 tahun pada klub bulutangkis serulingmas Banjarnegara? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan manakah yang lebih baik latihan smash dengan posisi net tetap dan net berubah terhadap hasil latihan smash atlet putra kelompok umur 11-15 tahun pada klub bulutangkis serulingmas Banjarnegara Populasi dalam penelitian ini adalah atlet putra kelompok umur 11-15 tahun pada klub bulutangkis serulingmas Banjarnegara. Sampel dalam penelitian ini adalah atlet putra kelompok umur 11-15 tahun pada klub bulutangkis serulingmas Banjarnegara. Desain atau pola yang digunaka dalam penelitian ini adalah model subject design atau pola M-S, dengan pengertian “Matched Subject Design”. Teknik analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mengenai metode eksperimen. Untuk menguji diterima atau ditolaknya hipotesis melalui pendekatan uji kesamaan dua rata-rata uji satu pihak (uji t'), Berdasarkan hasil perhitungan diketahui nilai thitung sebesar 13.49 dengan taraf signifikansi 5%, N sebesar 20 maka diperoleh ttabel sebesar 1,72. Karena thitung > ttabel (13.49 > 1,72) jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan Smash dengan posisi net tetap terhadap hasil latihan Smash. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui nilai thitung sebesar 11.196 dengan taraf signifikansi 5%, N sebesar 20 maka diperoleh ttabel sebesar 1,72. Karena thitung > ttabel (11.196 > 1,72) jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan smash dengan posisi net berubah terhadap hasil latihan smash. Hasil latihan smash dengan posisi net tetap lebih baik dibandingkan latihan smash dengan posisi net berubah. Adapun beberapa saran yang dapat peneliti antara lain pemain dan pelatih untuk meningkatkan kondisi fisik secara kontinu untuk menunjang stamina atlet pada saat bertanding. Selain teknik dan fisik, seorang pemain bulutangkis hendaknya juga menguasai taktik bermain yang baik. Dengan memperhatikan taktik, berarti pemain harus memahami kondisi musuh dengan baik. Dengan memiliki taktik yang baik maka pemain akan dapat merencanakan suatu metode atau cara yang paling tepat untuk menghadapi musuh dan mampu mengatur tempo kompetisi dari setiap pertandingan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Latihan Smash, Posisi Net Tetap, Posisi Net Berubah
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 23 Mar 2011 22:42
    Last Modified: 23 Mar 2011 22:43

    Actions (login required)

    View Item