Penerapan Kegiatan Pembelajaran Pramuka Sebagai Implementasi Pendidikan Karakter pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Mukhamad Guruh Mawardi, 3401405076 (2012) Penerapan Kegiatan Pembelajaran Pramuka Sebagai Implementasi Pendidikan Karakter pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan yang merupakan fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan kegiatan pembelajaran pramukasebagai implementasi pendidikan karakterpada mahasiswa Universitas Negeri Semarang sebagai Universitas konservasi? (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan penerapan kegiatan pembelajaran pramukasebagai implementasi pendidikan karakterpada mahasiswa Universitas Negeri Semarang sebagai Universitas konservasi? Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran keprmaukaan yang diselenggarakan di gugus latihan racana wijaya dalam Uni Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka dapat dilaksanakan secara efektif dan dapat diterapkan untuk implementasi pendidikan karakter pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Adapun bentuk penerapannya seperti latihan rutin, adanya kemah bakti dan bakti sosial, jambore mahasiswa nasional, dan kegiatan pendidikan dan sosial lainnya yang sarat akan nilai-nilai, etika, dan norma yang dapat mengembangkan karakter peserta didik. Kendala yang ada seperti keterbatasan alat, sarana, dan perlengkapan sehingga diperlukan bantuan dan kerjasama semua pihak agar kegiatan pramuka dapat dan terus-menerus dikembangkan sesuai zaman, ilmu, dan teknologi. Simpulan penelitian adalah penerapan kegiatan pembelajaran pramukasebagai implementasi pendidikan karakterpada mahasiswa Universitas Negeri Semarang sebagai Universitas konservasi telah dilaksanakan sesuai dengan silabus, dan satuan acara perkuliahan yang menjadi mata kuliah wajib pada Jurusan HKn Universitas Negeri Semarang. Faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan penerapan kegiatan pembelajaran pramukameliputi faktor dari dalam (intern) yaitu dari minat, kesadaran, dan motivasi mahasiswa, sedangkan faktor dari luar (ekstern) seperti nilai berkenaan dengan lingkungan tempat diri dan bangsanya hidup (geografi), nilai yang hidup di masyarakat (antropologi), sistem sosial yang berlaku dan sedang berkembang (sosiologi), sistem ketatanegaraan, pemerintahan, dan politik (ketatanegaraan/politik/kewarganegaraan), bahasa Indonesia dengan cara berpikirnya, kehidupan perekonomian, ilmu, teknologi, dan seni di masyarakat, bangsa, dan negaranya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Generasi Muda, Pramuka, Pendidikan Karakter
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2012 22:29
Last Modified: 03 Sep 2012 22:29

Actions (login required)

View Item