Analisis Efektivitas Sistem Pengendalian Intern Terhadap Keberhasilan Usaha Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) di Kabupaten Kudus Periode Laporan Tahun 2009-2010”

Ferry Ardianto, 3351405525 (2012) Analisis Efektivitas Sistem Pengendalian Intern Terhadap Keberhasilan Usaha Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) di Kabupaten Kudus Periode Laporan Tahun 2009-2010”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

KPRI di Kabupaten Kudus merupakan anggota Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) yang berjumlah 45 KPRI. Pengurus KPRI sangat berkepentingan untuk memastikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh para manajer dan karyawan berjalan sebagaimana mestinya, mengingat luasnya kegiatan usaha KPRI memungkinkan pengurus KPRI tidak dapat mengendalikan secara langsung seluruh kegiatan usaha. Pengamanan atas kekayaan KPRI masih rentan dan penggunaannya juga banyak yang kurang tepat, oleh karena itu pengurus KPRI perlu melakukan pengawasan atas kegiatan bawahannya agar penyimpangan yang terjadi tidak berlangsung lama sehingga kepercayaan dari berbagai pihak untuk mengembangkan usaha tetap terjaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keEfektivitasan sistem pengendalian intern terhadap keberhasilan usaha KPRI di Kabupaten Kudus periode laporan tahun 2009-2010. Populasi penelitian ini adalah Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) yang menjadi anggota Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) di Kabupaten Kudus yang berjumlah 45 KPRI. Penentuan sampel penelitian sebanyak 16 KPRI dengan metode Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu efektivitas sistem pengendalian intern sebagai variabel bebas dan keberhasilan usaha KPRI sebagai variabel terikat. Untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan metode analisis deskriptif dan metode analisis regresi sederhana. Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat Efektivitas sistem pengendalian intern KPRI di Kabupaten Kudus termasuk dalam tingkat klasifikasi efektif yaitu sebesar 71,9 % dan keberhasilan usaha KPRI di Kabupaten Kudus telah sesuai dengan standar keberhasilan usaha dari Departemen Koperasi yaitu sebesar 118,0175 %, sehingga keberhasilan usaha KPRI di Kabupaten Kudus dipengaruhi oleh Efektivitas sistem pengendalian intern. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat Efektivitas sistem pengendalian intern KPRI di Kabupaten Kudus rata-rata termasuk dalam klasifikasi efektif yaitu sebesar 71,9% sedangkan tingkat keberhasilan usaha KPRI di Kabupaten Kudus termasuk dalam rata-rata sesuai dengan standar keberhasilan usaha dari Departemen Koperasi, yaitu sebesar 118,0175%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Sistem Pengendalian Intern dan Keberhasilan Usaha
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2012 21:53
Last Modified: 03 Sep 2012 21:53

Actions (login required)

View Item