Pengaruh Arus Kas Operasi, Laba Akuntansi dan Size Perusahaan terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Intan Savitri Kusumawardhani, 3351405519 (2009) Pengaruh Arus Kas Operasi, Laba Akuntansi dan Size Perusahaan terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Para investor dalam menanamkan modalnya atau berinvestasi di suatu perusahaan tentunya mengharapkan return atau pengembalian yang maksimal. Untuk mencapai hal tersebut, investor tentunya memerlukan suatu informasi yang tepat dan relevan untuk mengambil keputusan sebelum melakukan investasi. Informasi yang sangat penting tersebut salah satunya adalah laporan keuangan. Dari laporan keuangan ini akan tercermin kandungan informasi yang berkaitan dengan kinerja perusahaan selama periode tertentu. Kinerja perusahaan dapat dilihat dari arus kas operasi, laba akuntansi dan size perusahaan. Berdasarkan uraian tersebut di atas permasalahan yang muncul adalah apakah arus kas operasi, laba akuntansi dan size perusahaan berpengaruh secara parsial terhadap return saham. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008. Sampel penelitian berjumlah 73 perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur tahun 2008 yang diperoleh di Pojok Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial laba akuntansi berpengaruh terhadap return saham, sedangkan variabel arus kas operasi dan size perusahaan tidak mempengaruhi return saham. Secara simultan variabel arus kas operasi, laba akuntansi dan size perusahaan mempengaruhi return saham dengan kontribusi sebesar 7,8% dan sisanya 92,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian. Simpulan dalam penelitian ini adalah informasi laba akuntansi dapat mempengaruhi return saham, sedangkan arus kas operasi dan size perusahaan tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Saran yang dapat diberikan adalah para investor sebaiknya tetap memperhatikan laba akuntansi dalam mengambil keputusan berinvestasi karena dapat dilihat bagaimana kinerja perusahaannya dan untuk penelitian berikutnya sebaiknya memperhatikan faktor lain di luar variabel penelitian serta memperpanjang periode pengamatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Arus Kas Operasi, Laba Akuntansi, Size Perusahaan, Return Saham.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2012 21:50
Last Modified: 03 Sep 2012 21:50

Actions (login required)

View Item