Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Reputasi Kantor Akuntan Publik dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Opini Audit GoingConcern Perusahaan Manufaktur

Dhina Fetri Anggriyani, , 3351405043 (2012) Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Reputasi Kantor Akuntan Publik dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Opini Audit GoingConcern Perusahaan Manufaktur. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kelangsungan hidup suatu entitas, selalu dihubungkan dengan kemampuan manajemen membawa satuan usaha tersebut untuk survive selama mungkin. Oleh karenanya, adalah wajar jika tudingan pertama ditujukan kepada manajemen. Akan tetapi di sisi lain, auditor melalui opininya yang terangkum dalam laporan audit, juga diminta tanggung jawabnya untuk mengungkap kelangsungan usaha suatu entitas. Pengeluaran opini going concern berdampak pada hilangnya kepercayaan publik terhadap citra perusahaan dan akan memberi imbas terhadap keberlanjutan bisnis perusahaan kedepan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empirik pengaruh kondisi keuangan perusahaan, opini audit tahun sebelumnya, reputasi Kantor Akuntan Publik dan pertumbuhan perusahaan terhadap opini audit going concern (GCAO). Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2008 dan 2009 yaitu sebanyak 153 perusahaan. Sampel penelitian berjumlah 19 perusahaan yang dipilih dengan metode purposive sampling, dengan periode pengamatan 2 tahun. Data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut kemudian diolah dengan menggunakan alat analisis Regresi Logistik. Hasil penelitian menunjukan variabel kondisi keuangan perusahaan yang diproksikan dengan Z Score pada tabel menunjukkan koefisien negatif sebesar 1.699, dan variabel opini audit tahun sebelumnya menunjukkan koefisien positif sebesar 5.770 dan variabel reputasi KAP menunjukkan nilai koefisien positif sebesar2.860,. Sedangkan variabel pertumbuhan perusahaan yang diproksikan dengan rasio pertumbuhan penjualan pada tabel menunjukkan koefisien positif sebesar 0,409. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa reputasi KAP dan pertumbuhan penjualan tidak terbukti berpengaruh terhadap opini audit going concern. Sedangkan kondisi keuanganperusahaan dan opini audit tahun sebelumnya berpengaruh signifikan terhadapopini audit going concern pada tingkat signifikansi 5%. Saran yang diberikan untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain serta menggunakan tahun pengamatan yang lebih panjang sehingga dapat memprediksi penerbitan opini audit going concern dengan lebih tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Z Score Altman, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Skala Kantor Akuntan Publik, Rasio Pertumbuhan Penjualan, Opini Audit Going Concern, Logistic Regression.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2012 21:36
Last Modified: 03 Sep 2012 21:36

Actions (login required)

View Item