PENGARUH PENGENDALIAN BIAYA DAN TINGKAT PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI PADA KPRI KABUPATEN BLORA TAHUN 2009-2010

Widhi Wicaksono, 3351404029 (2011) PENGARUH PENGENDALIAN BIAYA DAN TINGKAT PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI PADA KPRI KABUPATEN BLORA TAHUN 2009-2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Rentabilitas merupakan salah satu ukuran tingkat efisiensi yang telah dicapai dalam kegiatan operasional perusahaan. Laba yang tinggi dalam suatu koperasi belum cukup mencerminkan tingkat keberhasilan suatu koperasi tanpa disertai efisiensi dan efektifitas dalam pengelolaannya, sehingga keberadaan rentabilitas yang tinggi lebih penting dari pada sekedar laba yang tinggi. Untuk mencapai rentabilitas yang tinggi, koperasi harus bisa mengelola penggunaan biaya serta modalnya secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efisiensi pengendalian biaya dan tingkat perputaran modal kerja, baik secara simultan maupun secara parsial terhadap rentabilitas ekonomi pada KPRI Kabupaten Blora tahun 2009-2010. Poppulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) di Kabupaten Blora yang berjumlah 62 KPRI. Adapun KPRI yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah KPRI yang terdaftar di PKPRI di Kabupaten Blora yang mencantumkan data laporan keuangan yang lengkap selama dua tahun terakhir. Dari kualifikasi tersebut diperoleh banyaknya sampel 19 KPRI. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji simultan terdapat pengaruh efisiensi pengendalian biaya dan perputaran modal kerja terhadap rentabilitas ekonomi secara simultan pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) di Kabupaten Blora sebesar 39,7%, sedangkan sisanya 60,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Terdapat pengaruh secara parsial antara efisiensi pengendalian biaya sebesar 16,48% terhadap rentabilitas ekonomi dan perputaran modal kerja sebesar 25,10% terhadap rentabilitas ekonomi. Saran yang dapat peneliti berikan untuk KPRI Kabupaten Blora: 1. Pihak pengelola koperasi di Kabupaten Blora hendaknya dapat secara efisien menggunakan biaya usaha sehingga SHU yang diterima bisa lebih besar agar dapat meningkatkan rentabilitas ekonomi, 2. KPRI hendaknya dapat memanfaatkan aktiva lancar agar lebih produktif, misalnya memberikan pinjaman dengan cara lebih selektif serta memberikan batasan waktu kredit, sehingga laba yang dihasilkan bisa lebih besar dan dapat meningkatkan rentabilitas ekonomi koperasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi pengendalian biaya, Tingkat perputaran modal kerja, Rentabilitas ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2012 21:21
Last Modified: 03 Sep 2012 21:21

Actions (login required)

View Item