Pemetaan Perubahan Komposisi Penduduk Menurut Jenis Pekerjaan di Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara Tahun 2007 dan 2010 Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG).

Setyoningrum Ninggar., 321309006 (2012) Pemetaan Perubahan Komposisi Penduduk Menurut Jenis Pekerjaan di Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara Tahun 2007 dan 2010 Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk atas variable- variable tertentu. Komposisi penduduk menggambarkan susunan penduduk yang dibuat berdasarkan pengelompokan penduduk menurut karakteristik- karakteristik yang sama. Jumlah penduduk berdasarkan jenis pekerjaan di suatu wilayah dari tahun ke tahun mengalami perubahan. Oleh sebab itu, informasi mengenai data komposisi penduduk berdasarkan jenis pekerjaan sangatlah penting. Permasalahan yang akan dikaji dalam tugas akhir ini adalah: 1). Perubahan komposisi penduduk menurut jenis pekerjaan di Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara tahun 2007 dan 2010. 2). Luas penggunaan lahan di Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara dan 3). Kepadatan penduduk agraris di Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara tahun 2007 dan 2010. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk memetakan data perubahan komposisi penduduk menurut jenis pekerjaan menggunakan Sistem Informasi Geografis, penggunaan lahan dan kriteria kepadatan penduduk agraris. Lokasi penelitian di Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara pada tahun 2007 dan 2010 variabel yang digunakan yaitu komposisi penduduk menurut jenis pekerjaan, penggunaan lahan, dan kepadatan penduduk agraris, data yang digunakan mengenai komposisi penduduk ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jepara. Metode yang digunakan yaitu metode dokumentasi yang dimulai dari tahap pencaraian data sekunder di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jepara, kemudian tahap pengolahan data dengan menggunakan ArcView 3.3 dan sampai menghasilkan peta perubahan komposisi penduduk menurut jenis pekerjaan. Hasil penelitian tugas akhir ini dapat dilihat bahwa jenis pekerjaan di Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara antara lain: pertanian, penggalian, industri, pedagang, kontruksi, angkutan, PNS/ABRI, pensiunan dan lainnya. Data jenis pekerjaan yang ada di Kecamatan Bangsri kemudian dipetakan menggunakan suatu sistem yang disebut dengan Sistem Informasi Geografis agar dapat lebih mudah dalam menganalisis peta yang dihasilkan dari proses ini yaitu berupa peta perubahan komposisi penduduk menurut jenis pekerjaan, peta penggunaan lahan dan peta kepadatan penduduk agraris.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemetaan, Komposisi Penduduk Menurut Jenis Pekerjaan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Survei dan Pemetaan Wilayah, D3
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2012 04:27
Last Modified: 03 Sep 2012 04:27

Actions (login required)

View Item