Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Geografi Terhadap Hasil Belajar Geografi Pokok Bahasan Hidrosfer Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

Hanivah, 3201408050 (2012) Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Geografi Terhadap Hasil Belajar Geografi Pokok Bahasan Hidrosfer Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sumber-sumber belajar yang tersedia di lingkungan masih kurang dimanfaatkan, sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar kurang optimal siswa menjadi pasif dan suasana kurang komunikatif,. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar geografi pokok bahasan Hidrosfer (2) hasil belajar geografi dengan memanfaatkan lingkungan alam sebagai sumber belajar (3) besarnya efektivitas pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar geografi terhadap hasil belajar geografi pokok bahasan hidrosfer. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pelaksanaan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar geografi pokok bahasan Hidrosfer, (2) untuk mengetahui hasil belajar geografi dengan kegiatan memanfaatkan lingkungan alam sebagai sumber belajar, (3) besarnya efektivitas pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar geografi terhadap hasil belajar geografi pokok bahasan hidrosfer. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang bersifat eksperimen sesungguhnya (true eksperimental reserearch ) dengan desain randomized kontrol-group pre test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Boyolali. Untuk pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Hasil perhitungan sampel diperoleh dua kelas, yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dan kelas X-4 kelas kontrol yang pembelajarannya seperti biasa di kelas. Dari hasil penelitian diperoleh keterangan kelas eksperimen nilai rata–rata post tes = 78,44, kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata hasil belajar kognitif adalah 70,91. Hasil belajar ranah afektif kelas eksperimen rata-rata mencapai 73,1 dan hasil belajar ranah psikomotorik diperoleh rata-rata sebesar 76,5. Sedangkan kelompok kontrol hasil tes kognitif di peroleh hasil 70,9, ranah afektif sebesar 67,4 dan ranah psikomotorik sebesar 67,6. Uji ketuntasan hasil belajar rata-rata hasil belajar kelas eksperimen mencapai 76 sedangkan kelas kontrol mencapai 69 itu berarti yang mencapai rata-rata batas ketuntasan KKM sebesar 72 adalah kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol belum mencapai KKM. Besar efektivitas pembelajaran dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan pembelajaran mencapai 19,6%. Kesimpulan dari penelitian ini : (1) Pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar sudah berjalan baik, (2) Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas control, (3) Besarnya efektivitas pada pembelajaran mencapai 19,6%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pemanfaatan Lingkungan Alam, Sumber Belajar, Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Sep 2012 23:29
Last Modified: 02 Sep 2012 23:29

Actions (login required)

View Item