Perbedaan Hasil Latihan Lay Up dari Sisi Kanan Penembak dengan Metode Latihan Bertahap dan Tidak Bertahap terhadap Hasil Tembakan Lay Up dalam Permainan Bolabasket pada Peserta Ekstrakurikuler Putra SMK Negeri 3 Jepara Tahun 2011/2012

Muhammad Hanibal, 6301407097 (2012) Perbedaan Hasil Latihan Lay Up dari Sisi Kanan Penembak dengan Metode Latihan Bertahap dan Tidak Bertahap terhadap Hasil Tembakan Lay Up dalam Permainan Bolabasket pada Peserta Ekstrakurikuler Putra SMK Negeri 3 Jepara Tahun 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan yang penulis teliti adalah: 1) Apakah ada perbedaan efektifitas hasil latihan lay up dari kanan antara lay up bertahap dan tidak bertahap terhadap hasil lay up shot?, dan 2) Manakah pengaruh latihan lay up dari kanan yang lebih efektif antara lay up bertahap dan tidak bertahap terhadap hasil lay up shot?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui perbedaan hasil latihan lay up dari sisi kanan penembak dengan metode latihan bertahap dan latihan tidak bertahap terhadap hasil tembakan lay up, dan 2) Mengetahui mana yang lebih baik antara latihan lay up dari sisi kanan penembak dengan menggunakan metode latihan bertahap dan metode latihan tidak bertahap terhadap hasil tembakan lay up. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pola M-S latihan lay up dengan bertahap dan tidak bertahap serta variabel terikat hasil lay up shoot. Populasi dalam penelitian adalah peserta ekstrakurikuler bolabasket putra SMK Negeri 3 Jepara Tahun 2011/2012 berjumlah 20 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Untuk pengumpulan data digunakan instrumen tes tembakan lay up sedangkan untuk analisis data digunakan rumus t-test. Hasil penelitian diolah menggunakan rumus t-test untuk data pre test dan post test kelompok eksperimen diperoleh thitung = 6,132 > ttabel 2,262, berarti ada pengaruh hasil latihan lay up shot dari kanan menggunakan lay up bertahap terhadap hasil lay up shot. Untuk data pre test dan post test kelompok kontrol diperoleh thitung = 3,857 > ttabel 2,262, berarti ada pengaruh hasil latihan lay up shot dari kanan menggunakan lay up tidak bertahap terhadap hasil lay up shot. Untuk data post test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai thitung = 3,674 > ttabel 2,262, berarti ada perbedaan pengaruh hasil latihan lay up shot dari kanan menggunakan lay up bertahap dengan tidak bertahap terhadap hasil lay up shot. Mean dari kelompok eksperimen yang diberikan latihan lay up shot dari kanan menggunakan lay up bertahap mencapai 4,0 dan lebih tinggi dari kelompok kontrol yang diberikan latihan lay up shot dari kanan menggunakan lay up tidak bertahap yang hanya mencapai 3,5. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Ada perbedaan efektifitas latihan lay up dari kanan antara lay up bertahap dan tidak bertahap terhadap hasil lay up shot. 2) Lay up bertahap lebih efektif dari pada lay up tidak bertahap terhadap hasil lay up shoot. Hasil penelitian ini diharapkan kepada pelatih maupun guru ekstrakulikuler bolabasket memberikan materi bolabasket tentang lay up dari kanan disarankan menggunakan latihan lay up dengan teknik lay up bertahap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan, Lay Up Shot, Bertahap, Tidak Bertahap
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2012 22:50
Last Modified: 02 Sep 2012 22:50

Actions (login required)

View Item