Penerapan Model Pembelajaran Sasaran Lempar Tali Gantung Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Lempar Lembing Kelas VIII H SMP N 1 Kendal Tahun Ajaran 2011/2012

Puji Astuti, 6101408260 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Sasaran Lempar Tali Gantung Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Lempar Lembing Kelas VIII H SMP N 1 Kendal Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat siswa pada olahraga atletik khususnya lempar lembing, sehingga prestasi belajarnya pun kurang menggembirakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar lempar lembing bagi siswa kelas VIII H SMP N 1 Kendal dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII H SMP N 1 Kendal dalam pembelajaran lempar lembing menggunakan sasaran lempar tali gantung. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP N 1 Kendal sebanyak 32 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dalam pembelajaran lempar lembing menggunakan sasaran lempar tali gantung. Kondisi awal sebesar 56,25 % siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal. Pada siklus I indikator ketercapaiannya sebesar 70% siswa harus mencapai KKM. Dan pada siklus II sejumlah 85% siswa yang harus mencapai ketuntasan minimal. Nilai KKM di SMP N 1 Kendal sebesar 75. Alat pengumpulan data menggunakan tes praktek dan lembar observasi. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan sasaran lempar tali gantung prestasi belajar siswa meningkat. Pada siklus I sebesar 71,88% siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal. Pada siklus II sebesar 87,50% siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal. Hal tersebut menjadi bukti peningkatan prestasi belajar siswa karena sudah melampaui indikator yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran menggunakan sasaran lempar tali gantung dapat meningkatkan prestasi belajar lempar lembing siswa kelas VIII H SMP N 1 Kendal. Saran yang dapat diberikan adalah, bagi guru: 1) merancang materi pembelajaran secara terprogram dengan memperhatikan kondisi siswa, sehingga pembelajaran dengan menggunakan metode pendekatan modifikasi dapat berjalan dengan baik. 2) memberikan kesempatan pada siswa dengan semaksimal mungkin untuk ikut aktif melakukan kegiatan bermain, berdiskusi, latihan. Bagi sekolah : 1) sekolah diharapkan mengusahakan tersedianya sarana pendukung proses pembelajaran. 2) sekolah diharapakan memberikan fasilitas untuk pengembangan guru dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan prestasi belajar lempar lembing
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2012 22:38
Last Modified: 02 Sep 2012 22:38

Actions (login required)

View Item