Pembelajaran Teknik Dasar Shooting BolaBasket Dengan Modifikasi Alat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Pada Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 3 Pati

Andra Sasmita, 6101408026 (2012) Pembelajaran Teknik Dasar Shooting BolaBasket Dengan Modifikasi Alat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Pada Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 3 Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Latarbelakang pendidikan jasmani merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting, yang mampu mengantarkan manusia untuk tetap terlihat bugar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah : Bagaimana cara meningkatkan hasil belajar teknik dasar shooting bolabasket dengan modifikasi alat pada siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Pati tahun 2012. Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui peningkatan hasil belajar teknik dasar shooting bolabasket dengan modifikasi alat pada siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Pati di lihat dari aspek kognitif, afektif, psikomotorik dan fisik. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran teknik dasar shooting bolabasket dengan modifikasi alat pada siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Pati. Aktivitas guru dalam mengajar teknik dasar shooting bolabasket dengan modifikasi alat pada siklus satu mencapai 76,19%. Aktivitas siswa dalam pembelajaran teknik dasar shooting bolabasket dengan modifikasi alat pada siklus satu mencapai 78,57%. Pada siklus I ketuntasan belajar klasikal sebanyak 12 peserta didik atau 60% dan nilai rata-rata 73,5. yang berarti aktivitas guru, aktivitas siswa dan nilai rata-rata siswa dalam mengikuti pembelajaran teknik dasar shooting bolabasket dengan modifikasi alat belum melampaui indikator ketercapaian siklus pertama yaitu sebesar 80%, sehingga perlu dilaksanakan siklus dua. Hasil siklus dua menunjukkan bahwa, Aktivitas guru dalam mengajar teknik dasar shooting bolabasket dengan modifikasi alat pada siklus dua mencapai 85,71%. Aktivitas siswa dalam pembelajaran teknik dasar shooting bolabasket dengan modifikasi alat pada siklus dua mencapai 85,71%. Pada siklus dua ketuntasan belajar klasikal sebanyak 20 peserta didik atau 100% dan nilai rata-rata kelas mencapai 80,85. Pada pelaksanaan siklus dua, ketuntasan belajar peserta didik dan nilai rata-rata kelas sudah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu 80%, sehingga pada penelitian siklus kedua ini dikatakan berhasil dengan kata lain penelitian ini sudah selesai pada siklus kedua dan tidak ada tindakan siklus yang lain lagi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran teknik dasar shooting bolabasket dengan modifikasi alat dapat meningkatkan hasil belajar shooting pada siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Pati tahun 2011/2012. Hasil penelitian ini dapat diterapkan sebagai salah satu pembelajaran alternatif yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Modifikasi, BolaBasket
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2012 22:21
Last Modified: 02 Sep 2012 22:21

Actions (login required)

View Item