Pengaruh pemecahan saham(stock split)terhadap likuiditas dan return saham pada perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2005-2011

Dian Novitasari, 7350408073 (2012) Pengaruh pemecahan saham(stock split)terhadap likuiditas dan return saham pada perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2005-2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kenaikan harga yang terlalu tinggi, akan menyebabkan permintaan terhadap pembelian saham tersebut mengalami penurunan dan pada akhirnya dapat menyebabkan harga saham tersebut menjadi tidak fluktuatif lagi. Untuk menghindari kondisi tersebut, maka yang dilakukan oleh perusahaan adalah menurunkan harga saham pada kisaran harga yang menarik minat investor untuk membeli yaitu melalui pemecahan saham (stock split). Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya hasil penelitian yang berbeda-beda, maka diperlukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini dilakukan pada 31 perusahaan yang terdaftar di BEI yang melakukan pemecahan saham pada tahun 2005 – 2011. Penelitian ini menggunakan analisis uji mann withney dengan periode pengamatan (event window) adalah 20 hari yaitu t = -10 (10 hari sebelum stock split) dan t = 10 (10 hari sesudah stock split). Metode penetuan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan pada hipotesis pertama tidak ada pengaruh signifikan rata-rata volume perdagangan sebelum dan sesudah pemecahan saham.Sedangkan hipotesis kedua menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang negatif signifikan rata-rata abnormal return sebelum dan sesudah pemecahan saham dan untuk uji hipotesis ketiga juga menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan spread sebelum dan sesudah pemecahan saham . Simpulan dari penelitian ini adalah dengan adanya kebijakan stock split tidak berpengaruh dengan volume perdagangan saham dan spread saham dan berpengaruh negative signifikan dengan spreads saham atau dengan kata lain ketiga variable tersebut setelah adanya stock split tidak mendapatkan reaksi dari pasar. Informasi yang didapat dengan adanya kebijakan stock split tidak mudah diduga oleh investor karena manajemen memiliki motivasi yang beragam dalam melakukan kebijakan ini. Oleh karena itu investor harus berhati – hati dalam pengambilan keputusan investasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: stock split, likuiditas ,return,bid-ask spreads, abnormal return
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2012 20:12
Last Modified: 02 Sep 2012 20:12

Actions (login required)

View Item