Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Stuktur Modal (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI)

O v a n T i a n a, 3352405583 (2012) Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Stuktur Modal (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Keputusan struktur modal yaitu suatu keputusan manajer keuangan yang berkaitan dengan kombinasi antara modal sendiri dan modal asing. Adapun modal pada sebuah bank, memiliki fungsi-fungsi yang sangat penting, yaitu fungsi operasional, fungsi perlindungan (kepada nasabah), fungsi pengamanan (dari risiko likuiditas), dan fungsi pengaturan. Tujuan diadakannya pengelolaan struktur modal adalah untuk menentukan tingkat struktur modal yang optimal, yaitu komposisi yang tepat antara modal sendiri dan modal asing (pinjaman) yang dapat memaksimalkan nilai perusahaan. Karena pada umumnya tujuan utama perusahaan adalah memaksimalkan nilai perusahaan, sehingga struktur modal yang optimal merupakan alat untuk mencapai tujuan perusahaan. Namun, pada perusahaan perbankan yang ada di Indonesia masih terjadi pengelolaan struktur modal yang tidak efisien. Pengelolaan struktur modal sulit untuk dilakukan, hal ini dkarenakan banyak faktor yang mempengaruhi struktur modal. Adapun penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal telah banyak dilakukan. Namun, dari beberapa peneliti terdahulu masih terdapat ketidak konsistenan hasil penelitian. Sehingga tujuan diadakannya penelitian ini adalah Untuk mengetahui adanya pengaruh profitabilitas, struktur aktiva, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal pada perusahaan perbankan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2008-2010. Melalui purposive sampling dengan data laporan keuangan selama 3 tahun dan sampel berjumlah 25, maka didapatkan data observasi penelitian sebanyak 75. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan studi pustaka. Sedangkan metode pengolahan dan analisis data yang dipakai adalah regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS 16. Berdasarkan uji tersebut diperoleh hasil adanya pengaruh signifikan antara variabel profitabilitas, struktur aktiva, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal baik secara simultan sebesar 63,4% dan secara parsial dengan nilai berturut-turut -0.003, -0.754, 0.006. Sehingga masih ada 36,6% faktor lain yang mempengaruhi struktur modal yang dapat diteliti lebih lanjut. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat melengkapi kekurangan penelitian ini dengan memperpanjang masa penelitian, menambah jumlah sampel dan variabel penelitian seperti likuiditas, tingkat pajak, dan suku bunga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Stuktur Modal, Dan Perusahaan Perbankan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2012 17:53
Last Modified: 02 Sep 2012 17:53

Actions (login required)

View Item