Faktor-Faktor Dalam Wajib Pajak Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak

Muhammad Ihsanudin YS, 7250408024 (2012) Faktor-Faktor Dalam Wajib Pajak Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Tingkat kepatuhan dan kemauan wajib pajak di Indonesia masih bisa dikatakan rendah sebab tingkat kepatuhan wajib pajak dari tahun 2008 sampai 2010 dikatakan belum maksimal karena masih banyak wajib pajak yang terdaftar menjadi wajib pajak tetapi tidak melakukan kewajibannya yaitu dengan membayar pajak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor dalam Wajib Pajak yang mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh wajib pajak yang memiliki usaha fotocopy ada di Kelurahan Sekaran dan Kelurahan Patemon. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan jumlah data penelitian 34 wajib pajak. Penelitian ini menggunakan alat analisis data regresi berganda dengan bantuan software komputer untuk statistik SPSS versi 19.00. Analisis data digunakan untuk menguji tingkat validitas dan reliabilitas, asumsi klasik, dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan, dan persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan secara simultan mempengaruhi terhadap kemauan membayar pajak yaitu sebesar 25,9% dan sisanya 74,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian ini secara parsial kesadaran membayar pajak tidak berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan tidak berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak, dan persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan tidak berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak. Simpulan dalam penelitian ini adalah Kesadaran membayar pajak tidak berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak, Pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan tidak berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak, Persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan tidak berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak, dan kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan, dan persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemauan Membayar Pajak, Kesadaran Membayar Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Tentang Peraturan Perpajakan, Persepsi Yang Baik Atas Efektifitas Sistem Perpajakan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2012 17:41
Last Modified: 02 Sep 2012 17:41

Actions (login required)

View Item