Pemetaan Tingkat Kelulusan Sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun 2007–2011 Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG)

Dimas Aditya, 3252308005 (2012) Pemetaan Tingkat Kelulusan Sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun 2007–2011 Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kecamatan Ambarawa merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Semarang yang memiliki delapan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dengan kelulusannya yang bervariasi. Pemetaan mencirikan penggambaran muka bumi kedalam wujud yang diperkecil dan diberi skala. Rumusan masalah yang dikaji dalam Tugas Akhir ini adalah bagaimana penyajian data tentang tingkat kelulusan siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dengan persentasenya tahun 2007-2011. Tujuan pemetaan ini adalah membuat peta persentase jumlah siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang lulus dan tidak lulus di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang Tahun 2007-2011. Lokasi survei dan penelitian dilaksanakan di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei lapangan, metode studi dokumentasi dan metode studi kepustakaan. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah peta Administrasi Kecamatan Ambarawa, data kelulusan siswa di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Kecamatan Ambarawa Tahun 2007-2011 yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang, Kamera Digital, Perangkat Komputer dan GPS (Global Positioning System). Hasil survei dan pemetaan ini menunjukkan bahwa di Kecamatan Ambarawa memiliki delapan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang terdiri dari empat SMA dan empat SMK yang tersebar di beberapa kelurahan atau desa dengan jumlah kelulusan pada tahun 2007-2011 yang berbeda tiap sekolah baik yang lulus maupun tidak lulus, dari hasil analisis melalui Sistem Informasi Geografis (SIG) dapat diketahui bahwa SMK Pertanian Pembangunan Kanisius Ambarawa memiliki persentase kelulusan yang tertinggi diantara Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang ada di Kecamatan Ambarawa serta pada tahun 2011 adalah tahun yang memiliki rata-rata persentase kelulusan yang tertinggi. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil survei dan pemetaan ini adalah perlunya penyajian data yang lebih lengkap khususnya data mengenai pendidikan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang serta koordinasi yang lebih baik antara Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang ada di Kecamatan Ambarawa terkait data tentang pendidikan dan untuk Pemerintah Kabupaten Semarang, dalam hal ini BAPPEDA Kabupaten Semarang untuk lebih meningkatkan perencanaan dan pembangunan khususnya disektor pendidikan agar kualitas pendidikan di Kabupaten Semarang lebih berkembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemetaan, Tingkat Kelulusan, SLTA, SIG
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Survei dan Pemetaan Wilayah, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2012 07:36
Last Modified: 25 Aug 2012 07:36

Actions (login required)

View Item