PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA HOTEL UNGARAN CANTIK DI KABUPATEN SEMARANG

Trio Hendhi Saputra , 3352405533 (2010) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA HOTEL UNGARAN CANTIK DI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA HOTEL UNGARAN CANTIK DI KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (857Kb)

    Abstract

    Jasa perhotelan dalam meningkatkan jumlah konsumen harus mengutamakan kepuasan konsumennya. Kepuasan tamu hotel tidak dapat dinilai dari sudut pandang hotelnya saja tetapi juga harus dipandang dari sudut pandang penilaian tamu hotel sebagai konsumen. Sehingga dalam merencakan strategi dan pelayanan, hotel harus memperhatikan pada kepentingan konsumen agar pelanggan akan terpuaskan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening baik secara langsung maupun tidak langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra secara langsung maupun tidak langsung terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tamu yang menginap Hotel Ungaran Cantik. Pengambilan sampel menggunakan tehnik accidental sampling artinya responden yang dijumpai saat menginap di Hotel Ungaran Cantik. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan iterasi dan diperoleh sampel sebanyak 102 orang. Metode pengambilan data menggunakan angket/kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh negatif secara langsung dan pengaruh positif secara tidak langsung variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening. Sedangkan variabel citra menunjukkan ada pengaruh secara positif baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening. Hasil analisis jalur yang pertama diperoleh persamaan P = 0,281X1 + 0,402X2 + 0,814 dan yang kedua diperoleh Y = -0,024X1 + 0,204X2 + 0,436P + 0,817. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh secara langsung maupun tidak langsung variabel kualitas pelayanan dan citra terhadap kepuasan konsumen Hotel Ungaran Cantik melalui keputusan pembelian sebagai variabel intevening. Saran bagi pihak hotel agar terus meningkatkan citra dengan meningkatkan kualitas manajemennya untuk tetap mampu bersaing.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Citra, Keputusan Pembelian, Kepuasan Konsumen
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 13 Apr 2011 00:55
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:24

    Actions (login required)

    View Item