Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Se-Kabupaten Pati

Munawaroh , 3501406517 (2011) Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Se-Kabupaten Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kenyataan di lapangan menunjukkan kinerja guru dalam melaksanakan tugas pokoknya belum optimal. Hal ini terlihat dari kurangnya persiapan guru dalam kegitan belajar mengajar, penggunaan metode yang kurang tepat dan kurang bervariasi, kurang mampu menggunakan media pembelajaran yang ada, kurang efektif dalam memanfaatkan waktu pembelajaran, kurang mampu memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber ilmu pengetahuan bahkan kurang menguasai bahan pengajaran sehingga kegiatan belajar mengajar kurang berjalan dengan maksimal dan menarik. Gejala tersebut memerlukan penanganan yang tepat dalam upaya memperbaiki kondisi kerja dan kinerja guru sebagai pelaksana pendidikan dan pengajaran di sekolah. Guru sebagai pelaksana pendidikan harusnya mempunyai kinerja yang berkualitas dengan harapan tujuan pendidikan tercapai dengan optimal. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi kinerja guru adalah kepemimpinan kepala sekolah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri se-Kabupaten Pati? (2) Seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri se-Kabupaten Pati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri se-Kabupaten Pati (2) seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri se-kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini melibatkan unit populasi sebanyak 510 guru SMA Negeri se-Kabupaten Pati yang tersebar di 6 kecamatan yaitu Kecamatan Pati, Kecamatan Tayu, Kecamatan Juwana, Kecamatan Batangan, Kecamatan Jakenan, Kecamatan Kayen yang diambil sampel sebanyak 52 responden secara probability sampling dengan teknik probability random sampling. Sampel sekolah dan sampel wilayah diambil dengan cluster random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah (1) kepemimpinan kepala sekolah (2) kinerja guru. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik dan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan rata-rata kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri se-Kabupaten Pati dalam kategori baik dan kinerja guru SMA Negeri se-Kabupaten Pati juga sudah baik. Hasil analisis koefisien determinasi dengan SPSS for windows relase 15 menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri se-Kabupaten Pati sebesar 48,3% Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri se-Kabupaten Pati. Saran yang dapat diajukan adalah (1) untuk meningkatkan kinerja guru, kepala sekolah hendaknya dapat lebih mengefektifkan tugasnya sebagai pendidik, manager, administrator, supervisor, pemimpin, motivator, dan pembaharu di sekolah dengan memperhatikan segala perkembangan bakat, kompetensi, motivasi, minat, komunikasi dan kesejahteraan guru. (2) guru harus meningkatkan kompetensi sosialnya agar tercipta suatu hubungan kerjasama yang lebih baik antara guru dan kepala sekolah, guru dengan guru, guru dengan siswa atau bahkan dengan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kinerja guru, Kepemimpinan kepala sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2012 21:19
Last Modified: 23 Aug 2012 21:19

Actions (login required)

View Item