Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Bolasalju Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Muntilan

Lili Setiakawan, 3201408068 (2012) Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Bolasalju Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Muntilan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Model pembelajaran bolasalju merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS yang diharapkan efektif dan dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan Mengetahui: (1) Kemampuan siswa dalam merumuskan pertanyaan yang dikemas dalam sebuah permainan saling melemparkan bolasalju yang berisi pertanyaan kepada sesama teman. (2) Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mengunakan model pembelajaran bolasalju. (3) Kinerja guru selama proses pembelajaran (4) Hasil belajar yang optimal dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Muntilan. Populasi penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Muntilan. Penentuan sampel dengan teknik Purposive Sampling diperoleh kelas VII C dan VII E. Variabel dalam penelitian ini adalah (1) Kemampuan siswa merumuskan pertanyaan sesuai dangan kompetansi dasar dan indikator pembelajaran. (2) Aktivitas siswa yang mencakup: Kegiatan visual, kegiatan lisan, kegiatan mendengarkan, kegiatan metrik, kegiatan emosional. (3) Kinerja guru yang mencakup: kegiatan membuka pelajaran, kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi) dan penutup. (4) Hasil belajar dalam pembelajaran IPS pada materi pokok atmosfer. Penelitian ini menggunakan pre experimental design dengan desain one shot case study dan analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan presentase efektifitas jumlah pertanyaan pada pertemuan pertama sebesar 70,83%, pertemuan kedua sebesar 87,05%, dan pertemuan ketiga sebesar 83,33%. Siswa telah melampaui KKM dengan ketuntasan rata-rata kedua kelas mencapai 85,42% Hasil aktivitas dan kinerja guru siswa termasuk ke dalam kriteria baik. Tanggapan siswa sangat positif terhadap model pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model pembelajaran bolasalju efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran dikelas. Para guru disarankan mempertimbangkan model pembelajaran bolasalju saat melaksanakan pengajaran karena model ini menarik, menyenangkan sehingga hasil belajar siswa dapat optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Bolasalju
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2012 20:42
Last Modified: 23 Aug 2012 20:42

Actions (login required)

View Item