Pengaruh Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Membeli pada Mahasiswi Konsumen Oriflame di UNNES


Pundani Eki Pratiwi, 1550407034 (2012) Pengaruh Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Membeli pada Mahasiswi Konsumen Oriflame di UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Membeli pada Mahasiswi Konsumen Oriflame di UNNES.] Microsoft Word (Pengaruh Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Membeli pada Mahasiswi Konsumen Oriflame di UNNES.) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Konsumen melakukan pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang untuk membeli suatu produk, yaitu pengetahuan produk yang dimilikinya. Pengetahuan produk diperoleh melalui banyak cara. Informasi untuk mendapatkan pengetahuan produk diperoleh melalui media dan pengalaman pribadi. Mahasiswi konsumen Oriflame di UNNES kurang memperoleh informasi yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan mereka, yang akan digunakan dalam mempertimbangkan pembelian produk Oriflame. Mahasiswi konsumen Oriflame di UNNES lebih mengutamakan kesenangan indera dan diskon harga dalam pertimbangan pengambilan keputusan membeli produk Oriflame. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dari pengetahuan produk terhadap keputusan membeli pada mahasiswi konsumen Oriflame di UNNES. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswi UNNES yang telah menggunakan produk Oriflame minimal 3 bulan sebanyak 120 mahasiswi. Penentuan responden dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan purposive sampling. Metode pengumpulan data ini adalah skala pengetahuan produk dan skala keputusan membeli. Skala pengetahuan produk mempunyai koefisien validitas item dari 0,224 sampai dengan 0,654 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,925. Sedangkan skala keputusan membeli mempunyai koefisien validitas item dari 0,243 sampai dengan 0,750 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,932. Uji korelasi menggunakan teknik regresi dikerjakan menggunakan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Hasil korelasi pengetahuan produk dengan rasional dalam keputusan membeli menunjukkan nilai r = 0,557 dan R = 0,310, pengetahuan produk dengan emosional menunjukkan nilai r = 0,620 dan R = 0,384, sedangkan pengetahuan produk dan keterlibatan menunjukkan nilai r = 0,404 dan R = 0,163, dengan masing-masing p = 0,00 (p < 0,01). Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan produk berada pada kategori sedang. Keputusan membeli konsumen paling banyak dilakukan secara keterlibatan dan emosional. Terdapat korelasi yang positif antara pengetahuan produk dengan keputusan membeli secara rasional, emosional, dan keterlibatan. Pengetahuan produk berpengaruh paling besar terhadap keputusan membeli secara emosional, daripada pengaruh pengetahuan produk terhadap keputusan membeli secara rasional dan keterlibatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan produk, keputusan membeli, dan Oriflame
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2012 00:18
Last Modified: 24 Aug 2012 00:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14115

Actions (login required)

View Item View Item