Mengurangi Sikap Egois pada Siswa Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior dengan Teknik Social Modeling di SMP Negeri 7 Semarang

Pradipta Surya Wimbuka,, 1301407028 (2012) Mengurangi Sikap Egois pada Siswa Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior dengan Teknik Social Modeling di SMP Negeri 7 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Sikap egois sering dijumpai di usia siswa SMP. Berdasarkan hasil observasi awal di SMP Negeri 7 Semarang, peneliti mendapatkan hasil bahwa siswa membentuk kelompok-kelompok dan antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lainnya saling mementingkan kepentingan masing-masing tanpa memikirkan kepentingan orang lain. Hal ini adalah salah satu sikap egois yang dilakukan oleh siswa yang perlu ditangani. Rumusan masalah penelitian ini adalah “apakah konseling rational emotive behavior dengan teknik social modeling dapat mengatasi sikap egois pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 7 Semarang”. Tujuannya untuk mengetahui apakah konseling rational emotive behavior dengan teknik social modeling dapat mengatasi sikap egois pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 7 Semarang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Pre-test and Post-test one group. Alat pengumpul data menggunakan skala sikap egois. Sedangkan untuk mengetahui hipotesa menggunakan rumus wilcoxon match pairs test. Penelitian ini mengambil siswa kelas VIII F yang mengalami masalah sikap egois sebagai populasi. Sedangkan sampel yang diteliti adalah 6 siswa kelas VIII F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah sikap egois yang dialami keenam siswa yang dijadikan sampel penelitian masuk pada kriteria egois dengan rata-rata sikap egois sebelum diberikan layanan konseling perorangan sebesar 69,82 %. Setelah menerapkan konseling perorangan rational emotive behavior dengan teknik social modeling mengalami penurunan rata-rata sikap egois sebesar 49,70 yang masuk dalam kriteria cukup egois Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian layanan konseling dengan teknik social modeling dapat mengurangi sikap egois. Berdasar hasil penelitian peneliti memberikan saran a) pihak sekolah dapat lebih memperhatikan kehidupan sosial siswa, b) guru pembimbing dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk mengatasi masalah sikap egois menggunakan pendekatan rational emotive behavior teknik social modeling, c) guru mata pelajaran diharapkan ikut memantau perilaku siswa saat mengikuti pelajaran dan saat mengerjakan tugas yang berhubungan dengan kelompok, d) siswa menjaga pemikiran yang rasional dan membiasakan diri dengan kegiatan yang sudah dilakukan untuk menjaga perubahan baik yang sudah teradi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sikap Egois, Konseling Rational Emotive Behavior, Social Modeling.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Aug 2012 22:03
Last Modified: 22 Aug 2012 22:03

Actions (login required)

View Item