Evaluasi Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar Paket C Di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pati

Candra Yosiastanta, 1102407026 (2012) Evaluasi Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar Paket C Di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang evaluasi Penyelenggaraan pendidikan kesetaraan Kejar Paket C di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran di Kelompok Belajar Paket C Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pati, supaya dapat menjadi masukan dalam penyelenggaraan pendidikan kesetaraan Kejar Paket C Belajar Kabupaten Pati. Metode evaluasi yang digunakan adalah CIPP (Contect, Input, Proses, Product) , evauasi context meneliti tentang faktor eksternal, seperti misalnya masalah pendidikan yang dirasakan, keadaan ekonomi negara, dan pandangan hidup masyarakat, evaluasi input meneliti tentang sarana/modal/bahan dan rencana strategi yang ditetapkan untuk mencapai tujuan pendidikan, evaluasi proses tentang pelaksanaan strategi dan penggunaan sarana/modal/bahan di dalam kegiatan nyata di lapangan dan evaluasi produk tentang hasil yang dicapai baik selama maupun pada akhir pengembangan sistem pendidikan yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pati adalah Presentase penerapan variabel context secara keseluruhan menunjukan hasil kategori rata-rata cukup baik yaitu sebesar 67,125%. Presentase penerapan variabel input secara keseluruhan menunjukan hasil kategori rata-rata cukup baik yaitu sebesar 71,53%. Presentase penerapan variabel proses secara keseluruhan menunjukan hasil kategori rata-rata cukup baik yaitu sebesar 67,125%. Presentase penerapan variabel produk secara keseluruhan menunjukan hasil kategori rata-rata baik yaitu sebesar 71,56%. Untuk perbaikan dan penelitian selanjutnya, saran yang dapat diberikan adalah diperlukan adanya pelatihan terhadap pendidik bagaimana cara mengembangkan serta memanfaatkan berbagai jenis sumber belajar dan guru mampu memaksimalkan lagi pemanfaatan sumber belajar dengan baik serta lebih mengefektifkan pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar Paket C
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Aug 2012 20:24
Last Modified: 22 Aug 2012 20:24

Actions (login required)

View Item