Pengembangan Model pembelajaran aktivitas jasmani permainan sederhana (modifikasi bola basket) dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan ladang pada siswa kelas V SD Negeri Ngasinan 1 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran, 2010 / 2011

Zubaedi, 6102909085 (2011) Pengembangan Model pembelajaran aktivitas jasmani permainan sederhana (modifikasi bola basket) dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan ladang pada siswa kelas V SD Negeri Ngasinan 1 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran, 2010 / 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran drible pada permainan bola basket (modifikasi) melalui pendekatan lingkungan luar sekolah bagi siswa Sekolah Dasar dalam pembelajaran pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg and Gall yang telah dimodifikasi yaitu: (1) Penelitian dan pengumpulan data meliputi. Pengukuran kebutuhan, studi literature dan observasi lapangan. (2) Menyusun Rencana Penelitian, Membuat Draf awal Model pembelajaran drible, rumusan tujuan yang hendak dicapai, desain langkah-langkah penelitian. (3) Pengembangan draf produk awal dengan evaluasi ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua orang ahli pembelajaran. (4)Uji coba lapangan awal atau uji coba sklala kecil melibatkan subyek 10 siswa, selama uji coba dilakukan pengamatan oleh satu ahli dan dua orang ahli pembelajaran, setelah uji coba selesai siswa mengisi angket kuesioner. (5) revisi produk pertama revisi berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil dengan melibatkan 10 siswa. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti. (6) Uji lapangan Skala Besar dengan melibatkan 40 siswa. (7) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan skala besar, (8) hasil akhir model pembelajaran drible pada permainan bola basket(modifikasi) melalui pendekatan lingkungan luar sekolah bagi siswa sekolah dasar yang dihasilkan dari melalui revisi uji lapangan skala besar.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli(satu ahli Penjas dan dua orangahli pembelajaran), uji coba skala kecil dengan 10 siswa sedang uji skala besar dengan 40 siswa Sekolah Dasar Negeri Ngasinan 1 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Tekhnik analisis yang digunakan adalah Deskriptif prosentase untuk mengungkap aspek kognitif. Afektif dan psikomotorik siswa etelah menggunkana produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu ahli penjas 77 %, (baik), ahli pembelajaran I 84%, (baik) dan ahli pembelajaran II 75% (baik), Uji coba kelompok kecil 93% (sangat baik), dan uji lapangan skala besar 90,2% (sangat baik). Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran drible pada permainan bola basket (modifikasi) melalui pendekatan lingkungan luar sekolah ini apat digunakan bagi siswa kelas V SD Negeri Ngasinan 1 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmnai di Sekolah Dasar untuk dapat menggunakan produk model pembelajaran drible pada permainan bola basket (modifikasi) melalui pendekatan lingkungan luar sekolah dengan modifikasi bermain bola keranjang dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 Aug 2012 22:22
Last Modified: 15 Aug 2012 22:22

Actions (login required)

View Item