Pengembangan Model pembelajaran drible pada permainan sepakbola melalui pendekatan lingkungan luar sekolah pada siswa kelas IV dan V SD Negeri Losari Kecamatan Grabag Kabupaten Magelag Tahun pelajaran, 2010/2011

Miftakhul Munir, 6102909083 (2011) Pengembangan Model pembelajaran drible pada permainan sepakbola melalui pendekatan lingkungan luar sekolah pada siswa kelas IV dan V SD Negeri Losari Kecamatan Grabag Kabupaten Magelag Tahun pelajaran, 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Drible adalah merupakan teknik dasar bermain sepak bola yang harus dikuasai. Pada dasarnya permainan ini sangat digemari terutama siswa laki – laki, sedang siswa perempuan belum sepenuhnya terlibat dalam setiap pembelajaran sepak bola. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran drible pada permainan sepakbola melalui pendekatan lingkungan luar sekolah bagi siswa Sekolah Dasar dalam pembelajaran pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg and Gall yang telah dimodifikasi yaitu: (1)Penelitian dan pengumpulan data meliputi, studi literature dan observasi lapangan. (2) Menyusun Rencana Penelitian, membuat draf awal model pembelajaran drible, rumusan tujuan, desain langkah-langkah penelitian . (3) Pengembangan draf produk awal dengan evaluasi satu ahli penjas dan dua orang ahli pembelajaran, 4) Uji coba sklala kecil dengan subyek 15 siswa, selama uji coba dilakukan pengamatan oleh satu ahli dan dua orang ahli pembelajaran, setelah uji coba selesai siswa mengisi angket dan kuesioner. (5) Revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti. (6) Uji lapangan Skala Besar dengan melibatkan 43 siswa. (7) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan skala besar, (8) Hasil akhir model pembelajaran drible pada permainan sepakbola melalui pendekatan lingkungan luar sekolah bagi siswa Sekolah Dasar Negeri Losari. yang dihasilkan berdasarkan Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli Penjas dan dua orang ahli pembelajaran, uji coba skala kecil dengan 15 siswa sedang uji skala besar dengan 43 siswa. Data berupa hasil penilaian mengenahi kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah Deskriptif prosentase untuk mengungkap aspek kognitif. afektif dan psikomotorik siswa setelah menggunkana produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu ahli penjas 83 %, (baik), ahli pembelajaran I %, (baik) dan ahli pembelajaran II 88 % (baik), Uji coba kelompok kecil 94 % (sangat baik), dan uji lapangan skala besar 90,2 % (sangat baik). Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran drible pada permainan sepakbola melalui pendekatan lingkungan luar sekolah ini apat digunakan bagi siswa kelas IV dan V SD Negeri Losari Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmnai di Sekolah Dasar untuk dapat menggunakan produk model pembelajaran drible pada permainan sepakbola melalui pendekatan lingkungan luar sekolah dengan modifikasi bermain peran dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 Aug 2012 22:20
Last Modified: 15 Aug 2012 22:20

Actions (login required)

View Item