Pengaruh Pembelajaran Atletik Dengan Pendekatan Bermain Lompat Katak, Lompat Kardus, dan Lompat Ban Terhadap Hasil Lompat Jauh Pada Siswa Kelas V MI Darul Hikmah Kemakmuran Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2010/2011

Nur Baiti Amrin, 6101404073 (2011) Pengaruh Pembelajaran Atletik Dengan Pendekatan Bermain Lompat Katak, Lompat Kardus, dan Lompat Ban Terhadap Hasil Lompat Jauh Pada Siswa Kelas V MI Darul Hikmah Kemakmuran Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah : apakah ada pengaruh hasil dari tiga bentuk pembelajaran dengan pendekatan bermain lompat katak, lompat kardus, dan lompat ban pada hasil lompat jauh dan manakah yang lebih baik diantara pembelajaran dengan pendekatan bermain lompat katak, lompat kardus, dan lompat ban pada hasil lompat jauh siswa kelas V MI Darul Hikmah Kemakmuran Songgom Brebes tahun 2010/2011? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil pembelajaran dengan pendekatan bermain lompat katak, lompat kardus, dan lompat ban pada hasil lompat jauh dan mengetahui dari ketiga pembelajaran dengan pendekatan bermain tersebut mana yang mempunyai hasil yang hasil yang lebih baik pada hasil lompat jauh siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen pre-test and pos-test group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darul Hikmah yang berjumlah 45 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran dengan pendekatan bermain lompat katak (X1), lompat kardus (X2), dan lompat ban (X3), serta variabel terikat yaitu hasil lompat jauh (Y). Instrumen penelitian tes lompat jauh. Analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung X1 3,928 > t tabel 2,145, X2 5,384 > 2,145 dan X3 4,877 > 2,145 pada taraf signifikansi 5% dengan db 14 berarti ada perbedaan hasil yang signifikan dari bentuk pembelajaran dengan pendekatan bermain lompat katak (X1), lompat kardus (X2), dan lompat ban (X3) pada hasil lompat jauh siswa kelas V MI Darul Hikmah Kemakmuran Songgom Brebes tahun 2010/2011. Dari hasil uji t hitung, perhitungan mean dan peningkatan prestasi, kelompok eksperimen lompat kardus (X2) lebih besar dari kelompok lompat katak (X1) dan kelompok lompat ban (X3). Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan bermain lompat kardus mempunyai pengaruh yang lebih baik pada hasil lompat jauh siswa. Dari hasil penelitian, disarankan pada guru-guru Penjasorkes di SD/MI dalam meningkatkan hasil lompat jauh siswa dapat menggunakan pembelajaran dengan pendekatan bermain lompat katak, lompat kardus, dan lompat ban, dan untuk memperoleh hasil lompatan yang lebih berpengaruh dapat menggunakan pembelajaran dengan pendekatan bermain lompat kardus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 Aug 2012 21:56
Last Modified: 15 Aug 2012 21:56

Actions (login required)

View Item