Pengaruh Penggunaan Akses Internet dan Perilaku Teman Sebaya terhadap Perilaku Seksual Remaja Tahun 2011 (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI di Salah Satu SMA di Kota Semarang),

Esti Agustin, 6450406059 (2012) Pengaruh Penggunaan Akses Internet dan Perilaku Teman Sebaya terhadap Perilaku Seksual Remaja Tahun 2011 (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI di Salah Satu SMA di Kota Semarang),. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Perilaku seksual pranikah merupakan salah satu bentuk perilaku seksual tidak sehat. Salah satu faktor yang dapat menghambat upaya peningkatan kualitas remaja adalah masalah yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi remaja. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh antara akses internet dan perilaku teman sebaya terhadap perilaku seksual remaja disalah satu SMA dikota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara akses internet dan perilaku teman sebaya terhadap perilaku seksual remaja disalah satu SMA dikota Semarang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode Cross sectional. Populasi penelitian dari kelas XI berjumlah 238 siswa SMA . Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan perhitungan sederhana dan diperoleh jumlah sampel 71 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji Chi Square dengan = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara perilaku teman sebaya (pvalue 0,012 dan CC = 0,287) terhadap perilaku seksual remaja. Sedangkan akses internet (pvalue 0,649 dan CC = 0,054) tidak ada pengaruhnya terhadap perilaku seksual remaja. Disarankan kepada Dinas Pendidikan Kota Semarang untuk menjalin kemitraan dengan pihak lain yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan guru BK dan guru Penjaskes terutama dibidang kesehatan reproduksi. Disarankan kepada guru BK untuk mengelola pendidik sebaya disekolah yang bertujuan memperkecil tumbuhnya perilaku seksual pranikah yang beresiko dikalangan remaja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Internet, Teman Sebaya, Perilaku, Seksual, Remaja
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 23:09
Last Modified: 14 Aug 2012 23:09

Actions (login required)

View Item