Pengaruh bakat dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi (Akuntansi) dengan sikap sebagai variabel intervening (studi kasus pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Purworejo)

Nugroho Paramito, 7101407077 (2012) Pengaruh bakat dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi (Akuntansi) dengan sikap sebagai variabel intervening (studi kasus pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Purworejo). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi (Akuntansi) dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor yang diduga mempengaruhi prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi (Akuntansi) adalah bakat, fasilitas belajar, dan sikap siswa. Permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa tidak sedikit prestasi belajar prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi (Akuntansi) yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah sikap memediasi hubungan antara bakat maupun hubungan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi (Akuntansi). Populasi dalam penelitian berjumlah 91 siswa program studi IPS kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena semua responden diteliti semua. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase dan analisis jalur (path analysis) yang merupakan perluasan dari regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata sikap siswa termasuk dalam kategori tinggi. Variabel bakat maupun variabel fasilitas belajar berpengaruh terhadap variable sikap secara simultan. Nilai koefisien jalur pengaruh tidak langsung bakat dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar melalui variable sikap sebagai variabel mediasi lebih besar daripada nilai koefisien jalur pengaruh langsung bakat dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar, artinya sikap siswa dalam model penelitian ini terbukti sebagai variabel intervening. Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel sikap memediasi hubungan antara bakat dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi (akuntansi). Saran yang dapat dikemukakan adalah Siswa yang memiliki sikap positif tinggi hendaknya dipertahankan dan lebih ditingkatkan misalnya ketika guru menerangkan materi diikuti dengan membuat catatan agar materi yang disampaikan dapat diingat. Guru mengembangkan metode yang digunakan atau memberikan variasi dalam pembelajaran sehingga membuat siswa tertarik dalam pembelajaran. Ketertarikan siswa dalam pembelajaran akan menumbuhkan sikap positif dari diri siswa dalam kegiatan belajar. Sekolah diharapkan memperhatikan bakat yang dimiliki siswa dan memberikan wadah bagi pengembangan bakat siswa agar bakat siswa dapat tersalurkan secara positif. Sikap positif siswa akan menjadikan potensi yang dimiliki siswa dapat lebih dikembangkan secara optimal guna masa depan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Bakat, Fasilitas Belajar, Sikap
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 07:46
Last Modified: 14 Aug 2012 07:46

Actions (login required)

View Item