Keefektifan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Turnament) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Materi Persamaan Dasar Akuntansi Siswa Kelas XI-IS SMA Negeri 1 Tegal Tahun Ajaran 2011/2012

Arnida Farahtika, 3301405038 (2012) Keefektifan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Turnament) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Materi Persamaan Dasar Akuntansi Siswa Kelas XI-IS SMA Negeri 1 Tegal Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Hasil belajar kelas XI-IS SMA Negeri 1 Tegal mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Tegal belum maksimal. Menurut data laporan hasil ulangan tengah semester 2011/2012 nilai rata-rata akuntansi siswa dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Hal ini disebabkan oleh pemahaman siswa yang kurang terhadap materi persamaan dasar akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas XI-IS SMA Negeri 1 Tegal yang menggunakkan metode pembelajaran TGT dengan metode konvensional dan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar akuntansi pada materi persamaan dasar akuntansi siswa kelas XI-IS SMA Negeri 1 Tegal Tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IS SMA Negeri 1 Tegal yang berjumlah 94 siswa. Variable yang diteliti adalah model pembelajaran TGT sebagai variable bebas (independent) dan hasil belajar akuntansi pada materi persamaan dasar akuntansi sebagai variable terikat (dependent). Metode pengumpulan data yaitu metode tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakkan analisis deskriptif statistik SPSS 16. Hasil penelitian diperoleh pembelajaran pada kelompok eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran TGT (Teams Games Turnament) dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional ceramah terjadi perubahan hasil belajar. Rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen menjadi 75,64 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 60 serta tingkat ketuntasan menjadi 81,25% sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh rata-rata 70,19 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 43 dan tingkat ketuntasan mencapai 67,75%. Berdasarkan hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi pada kompetensi persamaan dasar akuntansi dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Turnament)lebih tinggi yaitu 75,64 sedangkan kelas kontrol 70,19. Hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan metode pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Turnament)dengan metode pembelajaran konvensional ceramah pada mata pelajaran Ekonomi Akuntansi kompetensi persamaan dasar akuntansi pada siswa kelas XI-IS SMA Negeri 1 Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TGT, Hasil Belajar, Persamaan Dasar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 07:38
Last Modified: 14 Aug 2012 07:38

Actions (login required)

View Item