Pengaruh Dimensi Atribut Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Green Product Sepeda Motor Honda Injection (Studi Kasus Pada Dealer Cendana Giri, Jl. MT Haryono No. 110 Temanggung)

Novita Tri Handayani, 7350408052 (2012) Pengaruh Dimensi Atribut Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Green Product Sepeda Motor Honda Injection (Studi Kasus Pada Dealer Cendana Giri, Jl. MT Haryono No. 110 Temanggung). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Perusahaan perlu meningkatkan atribut produk sehingga atribut produk dapat diterima dengan baik oleh konsumen, maka atribut produk perlu dibuat perusahaan sesuai dengan keinginan konsumen agar konsumen bisa menjadi loyal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh atribut produk dimensi kualitas, desain, warna, label, dan estetika terhadap loyalitas pelanggan pada green produk sepeda motor Honda injection secara parsial maupun simultan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi atribut produk terhadap loyalitas pelanggan pada green product sepeda motor Honda injection secara parsial dan simultan. Populasi penelitian ini adalah konsumen Dealer Cendana Giri Temanggung yang memakai sepeda motor Honda Injection. Sampel dalam penelitian ini menggunakan penelitian populasi sejumlah 47 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode literature dan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS for windows versi 16. Hasil uji parsial dan simultan menunjukkan dimensi kualitas mempunyai nilai probabilitas thitung sebesar 4,224 dengan sig. Hitung sebesar 0,000 < 0,05, dimensi desain mempunyai nilai probabilitas thitung sebesar – 0,634 dengan sig. Hitung sebesar 0,530 > 0,05, dimensi warna mempunyai nilai probabilitas thitung sebesar – 1,624 dengan sig. Hitung sebesar 0,213 > 0,05, dimensi label mempunyai nilai probabilitas thitung sebesar 2,371 dengan sig. Hitung sebesar 0,023 < 0,05, dimensi estetika mempunyai nilai probabilitas thitung sebesar 2,415 dengan sig. Hitung sebesar 0,020 < 0,05. Sedangkan uji simultan menunjukkan Fhitung sebesar 4,100 dengan taraf sig. Sebesar 0,004 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh dimensi kualitas, dimensi desain, dimensi warna, dimensi label dan dimensi estetika, secara simultan terhadap loyalitas pelanggan pada green product sepeda motor Honda injection. Berdasarkan hasil uji parsial dapat dilihat bahwa atribut produk dimensi kualitas, label, dan estetika berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Green Product sepeda motor Honda injection. Sedangkan dimensi desain dan warna berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Green Product sepeda motor Honda injection. Simpulan dari penelitian ini adalah semakin baik dimensi kualitas, label, dan estetika ditingkatkan, diharapkan loyalitas pelanggan pada green product sepeda motor Honda injection akan meningkat juga. Sedangkan dimensi desain dan warna tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan karena pelanggan pada umumnya tidak menjadikan desain dan warna sebagai prioritas utama. Saran yang dapat diberikan pada perusahaan adalah perusahaan harus melakukan inovasi desain dan warna dengan mengikuti trend atau perkembangan jaman yang sedang diminati konsumen saat itu. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan peneliti dapat menambah variabel misalnya mengenai green promotion dan green marketing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Loyalitas Pelanggan, Atribut Produk, Green Product
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 07:26
Last Modified: 14 Aug 2012 07:26

Actions (login required)

View Item