Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Udang Jawa Tengah Tahun 1985-2010

Ulfah Faiqoh, 7450408063 (2012) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Udang Jawa Tengah Tahun 1985-2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Udang merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan yang mampu memberikan kontribusi sebagai salah satu sumber pendapatan devisa Jawa Tengah. Dari keseluruhan nilai ekspor komoditas perikanan Jawa Tengah, Udang memberi kontribusi yang paling besar atau hampir 50 persen. Hal ini menunjukkan kinerja ekspor Udang Jawa Tengah yang terus membaik. Akan tetapi di dalam proses kegiatan perdagangan ekspor tersebut terkadang terjadi kendala yaitu berupa kecenderungan penurunan volume ekspor udang seperti yang terjadi antara tahun 2008-2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen (Produksi Udang, kurs Rupiah/Dolar AS, dan harga Udang Internasional) terhadap variabel dependen (Ekspor Udang) baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Penelitian ini menggunakan data runtut waktu atau time series. Model analisis yang digunakan adalah alat analisis ekonometrika model koreksi kesalahan (Error Correction Model/ECM). Model ini dapat menjelaskan perilaku jangka pendek maupun jangka panjang. Hasil penelitian menunjukkan (1) variabel produksi dalam jangka pendek tidak berpengaruh signifikan terhadap ekspor, namun dalam jangka panjang berpengaruh positif terhadap ekspor Udang Jawa Tengah. (2) variabel kurs rupiah terhadap Dolar AS dalam jangka pendek tidak berpengaruh terhadap ekspor, namun dalam jangka panjang kurs memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap ekspor Udang Jawa Tengah. (3) variabel harga Udang internasional dalam jangka pendek dan jangka panjangberpengaruh positif dan signifikan terhadap ekspor Udang Jawa Tengah. (4) Secara bersama-sama variabel Produksi, Kurs, dan Harga Udang Internasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ekspor Udang Jawa Tengah dalam jangka panjang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel independen dalam jangka panjang berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekspor Udang Jawa Tengah. Bagi produsen Udang Jawa Tengah diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksinya karena hasil penelitian menunjukkan dalam jangka panjang produksi mempunyai pengaruh positif terhadap ekspor Udang Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekspor Udang, Produksi Udang, Kurs Rupiah/Dolar, Harga Udang Internasional, Model Koreksi Kesalahan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 06:32
Last Modified: 14 Aug 2012 06:32

Actions (login required)

View Item