Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008 - 2010

Didit Priyono, 7250406608 (2012) Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008 - 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Nilai perusahaan atau juga disebut dengan nilai pasar perusahaan merupakan harga yang bersedia dibayar oleh calon pembeli atau investor seandainya suatu perusahaan akan dijual. Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan para pemilik perusahaan, sebab dengan nilai yang tinggi menunjukan kemakmuran pemegang saham juga tinggi. Kekayaan pemegang saham dan perusahaan dipresentasikan oleh harga pasar dari saham yang dipengaruhi oleh keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2010, sampel 26 perusahaan selama 3 periode, sehingga didapat data analisis sejumlah 78 yang diambil melalui teknik purposive sampling. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diambil dengan teknik studi pustaka dan dokumentasi. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS 16.0. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut, terdapat pengaruh yang signifikan antara keputusan investasi dan keputusan pendanaan terhadap nilai perusahaan, serta tidak terdapat pengaruh pada kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan dan nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) adalah sebesar 0,543. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel Price Earning Ratio (X1), Debt to Equity Ratio (X2) dan Dividend Payout Ratio (X3) dalam mempengaruhi variasi variabel nilai perusahaan (Y) yaitu sebesar 54,30% sedangkan sisanya sebesar 45,70% (100% - 54,30%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 06:14
Last Modified: 14 Aug 2012 06:14

Actions (login required)

View Item