Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Pengendalian Akuntansi dan Sistem Pelaporan terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Studi pada SKPD se-Kabupaten, Kota Tegal dan Kabupaten Pemalang)

Mei Anjarwati, 7250408003 (2012) Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Pengendalian Akuntansi dan Sistem Pelaporan terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Studi pada SKPD se-Kabupaten, Kota Tegal dan Kabupaten Pemalang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pemerintah daerah selaku penanggung jawab pengelolaan keuangan daerah dituntut untuk meyampaikan laporan pertanggungjawabannya atas aktivitas dan kinerja finansial kepada stakeholdernya untuk menciptakan akuntabilitas kinerja. Pemberian informasi dan pengungkapan kinerja suatu pemerintahan dalam rangka pemenuhan hak-hak masyarakat. Selain itu media pertanggungjawaban digunakan juga untuk menentukan fokus perbaikan kinerja yang berkesinambungan. Permasalahan dalam penelitian ini apakah kejelasan sasaran anggaran, pengendalian akuntansi dan sistem pelaporan berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh bukti empiris secara parsial dan simultan tentang pengaruh kejelasan sasaran anggaran, pengendalian akuntansi dan sistem pelaporan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah 51 SKPD diwilayah Tegal dan Pemalang. Subjek dari penelitian ini adalah kepala/pimpinan dari masing-masing SKPD tersebut. Data dalam penelitian ini merupakan data primer. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Variabel independennya adalah kejelasan sasaran anggaran, pengendalian akuntansi dan sistem pelaporan. Hasil penelitian ini mengindikasi bahwa pertama kejelasan sasaran anggaran berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Kedua, pengendalian akuntansi tidak berpengaruh terhadap akuntabiltas kinerja instansi pemerintah. Ketiga, sistem pelaporan berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Keempat, berpengaruh secara simultan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Simpulan dari penelitian ini yaitu kejelasan sasaran anggaran berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, pengendalian akuntansi tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, sistem pelaporan berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Secara simultan berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas objek penelitian serta menambahkan variabel yang belum ada pada penelitian ini. Dapat pula didukung dengan data kuantitatif agar dapat dijadikan pertimbangan tambahan dalam penentuan diterima atau ditolaknya suatu hipotesis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kejelasan Sasaran Anggaran, Pengendalian Akuntansi, Sistem Pelaporan, Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 06:11
Last Modified: 14 Aug 2012 06:11

Actions (login required)

View Item