Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kecurangan (Fraud): Persepsi Pegawai Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Se-Kota Semarang

Rudianto, 7250408038 (2012) Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kecurangan (Fraud): Persepsi Pegawai Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Se-Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Koperasi merupakan soko guru perekonomian Indonesia tetapi kenyataannya banyak kecurangan yang dilakukan oleh pegawai koperasi. Kecurangan adalah suatu tindak kesengajaan untuk menggunakan sumber daya perusahaan secara tidak wajar dan salah menyajikan fakta untuk memperoleh keuntungan pribadi. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah menguji komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap keefektifan pengendalian internal, menguji komitmen organisasi berpengaruh negatif terhadap kecurangan (fraud), menguji prilaku tidak etis berpengaruh positif kecurangan (fraud) dan menguji keefektifan pengendalian internal dan kesesuaian kompensasi berpengaruh negatif terhadap kecurangan (fraud). Sampel dalam penelitian ini adalah 115 pegawai koperasi simpan pinjam di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis full model Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat uji smartPLS. Hasil penelitian dengan metode Partial Least Square (PLS) menunjukan bahwa t-statistik komitmen organisasi sebesar 7,081818 dengan koefesien 0,339383. T-statistik komitmen organisasi terhadap kecurangan sebesar 12,882893 dengan koefisien -0,446416. T-statistik perilaku tidak etis terhadap kecurangan sebesar 0,001538 dengan koefisien -0,000054. T-statistik keefektifan pengendalian internal terhadap kecurangan sebesar 5,043532 dengan koefisien sebesar -0,229182 dan t statistik kesesuaian kompensasi terhadap kecurangan sebesar 8,850951 dengan koefisien -0,404082. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap keefektifan pengendalian internal, komitmen organisasi berpengaruh negatif terhadap kecurangan, perilaku tidak etis tidak signifikan berpengaruh terhadap kecurangan, keefektifan pengendalian internal berpengaruh negatif terhadap kecurangan, dan kesesuaian kompensasi berpengaruh negatif terhadap kecurangan. Saran bagi pihak koperasi sebaiknya meningkatkan komitmen organisasi, keefektifan pengendalian internal dan kesesuaian kompensasi pegawai koperasi. Penelitian selanjutnya dari segi persepsi auditor yang mengaudit koperasi, sehingga penelitian yang dilakukan dapat lebih objektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komitmen Organisasi, Perilaku tidak Etis, Keefektifan Pengendalian Internal, Kesesuaian Kompensasi, dan Kecurangan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 06:02
Last Modified: 14 Aug 2012 06:02

Actions (login required)

View Item