Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kondisi Sosial Ekonom Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Juwangi Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2008/2009.

Sari Wahyu Untari, .3301402122 (2009) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kondisi Sosial Ekonom Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Juwangi Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kondisi Sosial Ekonom Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Juwangi Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2008/2009.) - Published Version
Download (491Kb)

    Abstract

    Hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Juwangi Kabupaten Boyolali pada mata pelajaran IPS kurang optimal, terbukti dari 38 siswa (53,6%) belum mencapai nilai menurut KKM( Kriteria Ketuntasan Minimum) sehingga untuk mencapai kriteria tersebut maka siswa diharuskan mengikuti ujian ulang. Hasil belajar yang kurang optimal tersebut perlu diteliti faktor- faktor yang mempengaruhinya. Motivasi belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari siswa, sehingga diprediksi kedua faktor tersebut memberikan kontribusi terhadap hasil belajar yang dicapai. Ini dibuktikan dengan pengamatan di lapangan banyak siswa ketika diberi tugas oleh guru kadang tidak dikerjakan, tugas dikumpulkan tidak tepat waktu dan mudah putus asa ketika diberi tugas yang sulit. Selain itu kondisi sosial ekonomi yang berbeda- beda pada tiap siswa juga diasumsikan mempengaruhi hasil belajar Sampel penelitian ini sebanyak 71 siswa. Variabel yang diteliti yaitu motivasi belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua sebagai variabel bebas. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa yang diambil dengan menggunakan teknik dokumentasi. Berdasarkan analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Juwangi Kabupaten Boyolali, dibuktikan dengan hasil uji parsial diperoleh thitung = 4,267 dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Hasil uji parsial yang kedua menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar dibuktikan dari uji parsial diperoleh thitung = 3,158 dengan probabilitas 0,002<0,05. Secara simultan ada pengaruh motivasi belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan uji simultan diperoleh Fhitung sebesar 21,781 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05. Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 24,01 %, pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar sebesar 12,82 %. Pengaruh motivasi belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua secara bersama- sama terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Juwangi Kabupaten Boyolali sebesar 39,00%. Disimpulkan bahwa motivasi belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar secara simultan yang berarti semakin tinggi tingkat motivasi belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua maka hasil belajarnya juga akan semakin baik pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Juwangi Kabupaten Boyolali.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, kondisi sosial ekonomi, hasil belajar
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 23 Mar 2011 21:45
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:54

    Actions (login required)

    View Item