Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Pembiayaan Profit Sharing(Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah Periode 2010-2011)

Devina Sucifitri, 7250408051 (2012) Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Pembiayaan Profit Sharing(Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah Periode 2010-2011). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Dengan diberlakukannya PBI No. 11/33/PBI/2009 tentang Pelaksanaan Good Corporate Governance (GCG) bagi Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah seharusnya bank syariah telah melaksanakan tata kelola perusahaan termasuk kegiatan menyalurkan dana berdasarkan prinsip syariah. Saat produk pembiayaan berdasarkan prinsip syariah yaitu pembiayaan bagi hasil disalurkan ke masyarakat seharusnya sudah menunjukkan hasil yang signifikan karena telah diawasi oleh pihak-pihak yang berkepentingan dalam bank syariah diantaranya direksi yang selalu mengawasi kegiatan bank dengan prinsip syariah, serta DPS yang selalu memberi nasihat kepada direksi terkait kegiatan bank agar sesuai prinsip syariah. Namun kenyataannya produk yang telah sesuai dengan prinsip syariah yaitu pembiayaan bagi hasil (mudharabah danmusyarakah) disalurkan kepada masyarakat masih menunjukkan jumlah yang lebih kecil dibandingkan dengan pembiayaan berbasis jual beli (murabahah). Sampel yang digunakanadalah data sekunder dari Bank Indonesia (BI) yaitu laporan keuangandanAnnual Report Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah yang listing pada tahun 2010-2011 di BI. Sampel diambil dengan metode purposive sampling, dan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 17 perusahaan dengan jumlah unit analisis sebanyak 34 perusahaan.Metode statistik menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda, dengan pengujian hipotesis uji statistik F dan uji statistik t,dengan bantuan program SPSS 19.0. Hasil penelitian ini menunjukkan pengujian secara simultan menunjukkan kedua variabel tidak mempengaruhi pembiayaan profit sharing.Pengujian secara parsial variabel tugas dan tanggung jawab direksimempengaruhi pembiayaan profit sharing (0,040< 0,05), serta tugas dan tanggung jawab dewan pengawas syariah tidak mempengaruhi pembiayaan profit sharing(0,632> 0,05). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa total pembiayaan profit sharing salah satunya dipengaruhi oleh variabel tugas dan tanggung jawab direksi. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu: hendaknya pada penelitian selanjutnya menambahkan variabel lain yang bersifat mempengaruhi total pembiayaan profit sharing dilihat dari aspek ekonomi dan aspek perilaku nasabah itu sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tugas dan Tanggung Jawab Direksi, Tugas dan Tanggungjawab Dewan Pengawas Syariah, dan Total Pembiayaan Profit Sharing
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 06:00
Last Modified: 14 Aug 2012 06:00

Actions (login required)

View Item