Implementasi Metode Mnemonik terhadap Hasil Belajar Sejarah Materi Hubungan Perkembangan Paham-paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan Kelas XI IPS SMA Teuku Umar Semarang

Ngartiningsih, 3101408096 (2012) Implementasi Metode Mnemonik terhadap Hasil Belajar Sejarah Materi Hubungan Perkembangan Paham-paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan Kelas XI IPS SMA Teuku Umar Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pembelajaran sejarah saat ini masih sering disampaikan dengan ceramah saja oleh guru, hal tersebut membuat siswa semakin tidak memiliki semangat untuk mempelajari materi sejarah, terutama materi yang memang didalamnya banyak hafalan dan harus dipahami dan diingat oleh siswa. Menghafal bagi sebagian besar siswa merupakan hal yang tidak disukai, karena hafalan yang mereka pelajari mudah hilang atau lupa. Penggunaan metode mnemonik disini bertujuan guna membantu siswa dalam menghafal materi pelajaran menggunakan berbagai teknik, seperti akronim, teknik kata kunci, dan asosiasi, sehingga siswa lebih mudah menghafal dan mengingat kembali materi yang sudah dihafalkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Teuku Umar Semarang. Sampel penelitian diambil dengan teknik total sampling, karena seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Kelas XI IPS I sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPS II sebagai kelompok kontrol yang masing-masing terdiri dari 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, yaitu untuk mengumpulkan data baik berupa data maupun foto, dan teknik tes yang dipergunakan dalam penilaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik jika , yaitu nilai rata-rata hasil post tes kelas eksperimen sebesar 78,94 sedangkan rata-rata kelas kontrol sebesar 70,10. Dari hasil uji-t didapatkan thitung = 31,475 > ttabel = 2,009 yang membuktikan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi metode mnemonik dapat meningkatkan hasil belajar sejarah. Metode mnemonik juga memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam materi tersebut, hal ini dibuktikan dengan penghitungan menggunakan rumus regresi, diperoleh Fhitung= 7, 36 > Ftabel= 4, 260, maka dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah, kepada sekolah seharusnya memberi pengarahan kepada guru mengenai metode yang baik dalam proses belajar mengajar, bagi guru harus mampu memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan siswa, dengan penggunaan metode mnemonik dalam proses pembelajaran, dapat membantu siswa untuk mempermudah menghafal materi pembelajaran, bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian dengan metode yang sama dalam materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Mnemonik, Hasil Belajar
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Jul 2012 18:04
Last Modified: 23 Jul 2012 18:04

Actions (login required)

View Item