Penggunaan Peta Rupabumi Indonesia Oleh Guru-Guru IPS Geografi di SMP Negeri se-Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan

Fiki Yani, 3501406500 (2011) Penggunaan Peta Rupabumi Indonesia Oleh Guru-Guru IPS Geografi di SMP Negeri se-Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Metodologi pembelajaran, memiliki dua aspek penting dan menonjol yang dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran, yaitu metode mengajar dan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar. Penggunaan media peta dalam pembelajaran geografi sangatlah efektif dalam menunjang hasil belajar.Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tingkat pengetahuan guru IPS geografi tentang peta rupabumi Indonesia (RBI)? 2) Bagaimana intensitas penggunaan peta rupabumi Indonesia (RBI) untuk pembelajaran di sekolah oleh guru IPS geografi? 3) Adakah hubungan antara tingkat pengetahuan guru IPS geografi dengan penggunaan peta rupabumi Indonesia (RBI) dalam pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui tingkat pengetahuan guru IPS geografi tentang peta rupabumi Indonesia. 2) Untuk mengetahui tingkat penggunaan peta rupabumi Indonesia (RBI) untuk pembelajaran disekolah oleh guru IPS geografi. 3) Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan guru IPS geografi dengan penggunaan peta rupabumi Indonesia (RBI) dalam pembelajaran di sekolah. Populasi penelitian adalah Guru-guru IPS geografi di SMP Negeri se-Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan yang jumlahnya 12 orang. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Total Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif dengan menerapkan rumus presentase. Variabel dalam penelitian ini adalah: 1) Tingkat Pengetahuan peta rupabumi (RBI) guru-guru IPS 2) Tingkat penggunaan peta rupabumi (RBI) oleh guru dalam pembelajaran IPS Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pengetahuan guru IPS geografi tentang peta rupabumi sebesar 61 % dan termasuk dalam kriteria cukup. 2) tingkat penggunaan peta rupabumi oleh guru geografi sebesar 72 % dan termasuk dalam kriteria baik.3) ada hubungan antara tingkat pengetahuan guru IPS geografi tentang peta rupabumi Indonesia (RBI) dengan penggunaan peta rupabumi Indonesia (RBI) dalam pembelajaran di sekolah.Simpulan penelitian ini adalah 1) Tingkat pengetahuan guru IPS geografi di SMP Negeri se Kabupaten Pekalongan tentang peta rupabumi Indonesia (RBI) termasuk dalam kriteria cukup. 2) Tingkat kemampuan guru IPS geografi SMP Negeri se Kabupaten Pekalongan dalam menggunakan peta rupabumi Indonesia (RBI) untuk pembelajaran disekolah termasuk dalam kriteria baik. 3)Terdapat hubungan yang positif antara tingkat pengetahuan guru IPS geografi tentang peta rupabumi Indonesia (RBI) dengan penggunaan peta rupabumi Indonesia (RBI) dalam pembelajaran IPS di sekolah. Saran yang dapat diberikan penulis adalah 1) bagi para guru hendaknya dapat meningkatkan pengetahuan tentang peta rupabumi sehingga dapat menggunakan peta rupabumi dalam pembelajaran dengan lebih baik. 2) bagi pihak Sekolah untuk lebih memperhatikan kelengkapan sarana dan prasarana pembelajaran khususnya media peta baik peta rupabumi maupun media peta lainnya, selain itu pihak sekolah juga harus merawat dan memberikan perhatian khusus kelayakan dan kondisi peta yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peta Rupabumi, Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 Jul 2012 18:00
Last Modified: 22 Jul 2012 18:00

Actions (login required)

View Item