Analisis Kompetensi Profesional Guru dalam Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada proses Pembelajaran Di SMPN 2 Batangan, Kabupaten Pati

Yudha Methy Fijayanto, 1102404035 (2011) Analisis Kompetensi Profesional Guru dalam Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada proses Pembelajaran Di SMPN 2 Batangan, Kabupaten Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pendidikan merupakan aspek penting bagi perkembangan sumber daya manusia, sebab pendidikan merupakan wahana atau salah satu istrumen yang digunakan bukan saja untuk membebaskan manusia dari keterbelakangan, melainkan juga dari kebodohan dan kemiskinan. Pendidikan diyakini mampu menanamkan kapasitas baru bagi semua orang untuk mempelajari pengetahuan dan keterampilan baru sehingga dapat diperoleh manusia produktif.Pelaksanaan KTSP menghadapi banyak kendala dan tantangan terutama berkaitan dengan Kompetensi Profesional guru di sekolah dalam melaksanakan KTSP, Keberhasilan setiap pelaksanaan kurikulum dalam peningkatan mutu pendidikan pada dasarnya tidak lepas dari peran guru sebagai tenaga pengajar dan pendidik. Kompetensi profesional guru merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanan proses pembelajaran yang menerapkan KTSP. Permasalahan penelitian ini adalah: seberapa tingkat Kompetensi guru di SMP Negeri 2 Batangan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat Kompetensi guru di SMP Negeri 2 Batangan kabupaten Pati Terhadap implementasi KTSP dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kompetensi profesional guru pada penerapan KTSP. Dari hasil penelitian diperoleh keterangan pada dasarnya guru SMPN 2 Batangan telah mengetahui tentang makna dari kompetensi professional guru dan aplikasinya pada penerapan KTSP, faktor pendukung implementasi kompetensi guru dalam penerapan KTSP adalah keahlian para guru dalam mengaplikasikan media lebih baik dibanding guru lainnya, sedangkan faktor penghambatnya masih kurangnya fasilitas pendukung pembelajaran terutama komputer. Simpulan Penelitian: 1) kompetensi profesional Guru di SMP Negeri 2 Batangan Kabupaten Pati mengenai implementasi KTSP sudah termasuk dalam kategori cukup baik, secara keseluruhan guru mampu menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan KTSP, implementasi KTSP pada pembelajaran di SMP Negeri 2 Batangan Kabupaten Pati masih banyak yang perlu ditingkatkan, terutama pada materi pembelajaran yang memerlukan media komputer. saran yang dapat diajukan adalah sebaiknya pihak sekolah dapat meningkatkan kompetensi profesional guru di sekolahnya demi tercapainya tujuan KTSP yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, KTSP, SMPN 2 Batangan Pati
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Jul 2012 02:03
Last Modified: 17 Jul 2012 02:03

Actions (login required)

View Item