Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Brebes 08 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011

Janudin , 6102909182 (2011) Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Brebes 08 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Bentuk Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan pada Siswa Kelas III SD Negeri Brebes 08 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun 2011. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Model Pengembangan Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan pada Siswa Kelas III SD Negeri Brebes 08 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun 2011. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang merupakan dasar untuk mengembangkan produk yang akan di hasilkan, adapun prosedurnya adalah : 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; 2) mengembangkan produk awal; 3) validasi ahli dan revisi; 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; dan 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Brebes 08 dengan jumlah 36 anak. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan total sample dengan jumlah sampel sebanyak 36. Data diambil dengan kuesioner/angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan pada Siswa Kelas III SDN Brebes 08 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun pelajaran 2010/2011 ternyata memenuhi kriteria Baik sehingga dapat digunakan untuk siswa SDN Brebes 08. Hal ini berdasarkan hasil analisis data dari evaluasi ahli penjas didapat rata-rata prosentase 86%, hasil analisis data dari evaluasi ahli pembelajaran I dan evaluasi ahli Pembelajaran II didapat rata-rata 90,67%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data siswa terhadap model pembelajaran pembelajaran Keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan persawahan dengan persentase 87 % yang atau ditafsirkan sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas III SDN Brebes 08 dapat digunakan dan sangat baik. Harapan peneliti kepada guru penjas. 1) untuk dapat memanfaatkan sarana prasarana yang ada dilingkungan sekitar, 2) dapat memanfaatkan lingkungan yang ada. Saran agar bagi guru penjasorkes di Sekolah Dasar diharapkan dapat mengembangkan model-model pembelajaran keseimbangan gerak yang lebih menarik lainnya untuk digunakan dalam pembelajaran senam di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2012 21:11
Last Modified: 16 Jul 2012 21:11

Actions (login required)

View Item