Model Pembelajaran Permainan Bola Voli Dengan Bola Ditangkap Yang Dimodifikasi Melalui Pendekatan Lingkungan Perkebunan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tembok Luwung 02 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011

Eko Setiawan, 6102909157 (2011) Model Pembelajaran Permainan Bola Voli Dengan Bola Ditangkap Yang Dimodifikasi Melalui Pendekatan Lingkungan Perkebunan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tembok Luwung 02 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran permainan bola voli dengan bola ditangkap yang dimodifikasi melalui pendekatan lingkungan perkebunan pada siswa sekolah dasar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Dalam uji coba I, menggunakan siswa kelas IV SD Negeri Tembok Luwung 01 dengan jumlah 8 siswa dan uji coba II menggunakan siswa SD Negeri Tembok Luwung 02 dengan jumlah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba I, uji coba II dan melalui lembar pengamatan pada uji coba II. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Sebelum membuat poroduk ini peneliti membuat model pembelajaran servis bawah pada permainan bola voli mini yang dimodifikasi. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 37,3 % (kurang baik), ahli pembelajaran I 80 % (baik), ahli pembelajaran II 78,67 % (baik). Menurut ahli Penjas produk ini tidak layak untuk dilakukan skala kecil. Ahli Penjas memberikan saran untuk membuat model pembelajaran yang terbaru. Berdasarkan saran dari ahli Penjas, peneliti memutuskan untuk membuat produk model pembelajaran permainan bola voli dengan bola ditangkap yang dimodifikasi melalui pendekatan lingkungan perkebunan. Produk ini mendapatkan respon yang sangat baik dari ahli penjas sehingga dapat digunakan untuk penelitian uji kelompok kecil. Data kuesioner uji kelompok kecil 95 % (sangat baik) terdiri dari aspek kognitif 100 % (sangat baik), psikomotorik 92,5 % (sangat baik), afektif 92,5 % (sangat baik) .Uji kelompok besar 97,6 % (sangat baik) terdiri dari aspek kognitif 96,5 % (sangat baik), psikomotorik 98,5 % (sangat baik), afektif 98 % (sangat baik). Lembar pengamatan siswa kelompok besar 88,16 % (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bola voli dengan bola ditangkap yang dimodifikasi ini dapat digunakan bagi siswa SD N Tembok Luwung 02 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model permainan bola voli dengan bola ditangkap yang dimodifikasi dapat diterima siswa dengan baik. Hal ini disebabkan karena siswa dapat memahami peraturan permainan, penerapan sikap dalam permainan dan aktivitas gerak siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2012 21:07
Last Modified: 16 Jul 2012 21:07

Actions (login required)

View Item