Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Roll Depan Antara Matras Mendatar Dan Matras Miring Terhadap Hasil Belajar Roll Depan Siswa Kelas III Sd Negeri Karang Malang 02 Kecamatan Kedung Banteng Kabupaten Tegal Tahun 2011

Kardono, 6102909105 (2011) Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Roll Depan Antara Matras Mendatar Dan Matras Miring Terhadap Hasil Belajar Roll Depan Siswa Kelas III Sd Negeri Karang Malang 02 Kecamatan Kedung Banteng Kabupaten Tegal Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh pembelajaran roll depan dengan matras mendatar dan matras miring terhadap hasil belajar roll depan siswa kelas III SD Negeri Karang Malang 02 Kecamatan Kedung Banteng Kabupaten Tegal tahun 2011. (2) Pembelajaran yang lebih baik pengaruhnya antara pembelajaran roll depan dengan matras mendatar dan matras miring terhadap hasil belajar roll depan siswa kelas III SD Negeri Karang Malang 02 Kecamatan Kedung Banteng Kabupaten Tegal tahun 2011. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Karang Malang 02 Kecamatan Kedung Banteng Kabupaten Tegal tahun 2011 berjumlah 30 orang terdiri dari 17 siswa putra dan 13 siswa putri. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan roll depan dengan Experts yang mengacu pada FIG 2007. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh pembelajaran roll depan dengan matras mendatar dan matras miring terhadap hasil belajar roll depan pada siswa kelas III SD Negeri Karang Malang 02 (thitung > t tabel 5%). (2) Pembelajaran roll depan dengan matras miring mempunyai pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar roll depan siswa kelas III SD Negeri Karang Malang 02. Kelompok 1 (kelompok pembelajaran roll depan dengan matras mendatar) memiliki peningkatan sebesar 80%. Sedangkan kelompok 2 (kelompok pembelajaran roll depan dengan matras miring) memiliki peningkatan sebesar 100%. Simpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu ada perbedaan pengaruh pembelajaran roll depan antara matras mendatar dan matras miring terhadap hasil belajar roll depan siswa SD Karang Malang 02 dan pembelajaran roll depan dengan matras miring mempunyai pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar roll depan siswa SD Negeri Karang Malang 02. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar roll depan dapat diterapkan pembelajaran roll depan dengan matras miring dan perlu diterapkannya pembelajaran yang efektif serta perlu adanya kreatifitas dan inisiatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Roll Depan, Matras Mendatar, Matras Miring
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2012 21:00
Last Modified: 16 Jul 2012 21:00

Actions (login required)

View Item