Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Kebun Petai Cina pada Siswa Kelas III SD Negeri Cenang 04 Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011

Lidia Pangestika, 6102909090 (2011) Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Kebun Petai Cina pada Siswa Kelas III SD Negeri Cenang 04 Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Pengembangan Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Kebun Petai cina Pada siwa kelas III SD Negeri Cenang 04 Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010 / 2011 ?Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran keseimbangan gerak dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan kebun petai cina dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan langkah - langkah: 1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, 2)mengembangkan bentuk produk awal (berupa model pembelajaran keseimbangan gerak), 3)evaluasi para ahli dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, 4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang yang dibuat oleh peneliti, 5) uji lapangan (33 siswa), 6)) hasil akhir model pembelajaran keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan kebun petai cina pada siswa kelas III SD Negeri Cenang 04 Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli(satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa) dan uji lapangan (33 siswa). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 92% (sangat baik),ahli pembelajaran I 95% (sangat baik), ahli pembelajaran II 96% (sangat baik), uji coba kelompok kecil 86,33 % (baik), dan ujilapangan 82,63% (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan kebun petai cina dapat digunakan bagi siswa kelas III SD Negeri Cenang 04 Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes. Berdasarkan hasil penelitian di atas,maka dapat disimpulkan produk model pembelajaran keseimbangan gerak sudah dapat digunkan siswa SDN Cenang 04. Saran peneliti bagi guru penjasorkes di sekolah dasar untuk menggunakan produk model pembelajaran keseimbangan gerak ini pada siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2012 20:49
Last Modified: 16 Jul 2012 20:49

Actions (login required)

View Item