Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Bola Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Pekarangan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Cenang 02 Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Tahun 2011

Warjoko, 6102909077 (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Bola Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Pekarangan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Cenang 02 Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini adalah kurang berkembangnya proses pembelajaran penjasorkes karena terbatasnya sarana dan prasarana pembelajaran yang tersedia di SD Negeri Cenang 02 baik secara kualitas maupun kuantitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran Permainan Bola Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Pekarangan bagi Siswa Sekolah dasar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model pembelajaran permainan bola), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji skala kecil dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba skala besar (30 anak),(6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba skala besar, (7) hasil akhir model pembelajaran Permainan Bola Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Pekarangan bagi Siswa Sekolah dasar yang dihasilkan melalui revisi uji skala besar. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli(satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran),uji coba skala kecil, dan uji skala besar Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 73,33% (baik), ahli pembelajaran I 84% (baik), ahli pembelajaran II 86,66% (baik), dan uji skala kecil 97,66% (sangat baik), dan uji coba skala besar 98,66% (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran permainan bola dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan pekarangan ini dapat digunakan bagi siswa kelas III SDN Cenang 02 Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru Penjas di Sekolah dasar untuk menggunakan produk model ini dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2012 20:25
Last Modified: 16 Jul 2012 20:25

Actions (login required)

View Item