Modifikasi Permainan Bulutangkis Dalam Pembelajaran Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Perumahan Pada Siswa Kelas V SD Negeri Adiwerna 01 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal

S a e f u d i n, 6102909016 (2011) Modifikasi Permainan Bulutangkis Dalam Pembelajaran Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Perumahan Pada Siswa Kelas V SD Negeri Adiwerna 01 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah yang menjadikan proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu pembelajaran Penjasorkes ini dikembangkan dengan memanfaatkan lingkungan luar sekolah untuk melatih permainan bulutangkis siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “bagaimana modifikasi permainan bulutangkis dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan perumahan pada siswa kelas V SD N Adiwerna 01 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal”. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran permainan bulutangkis yang dimodifikasi dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan perumahan pada siswa kelas V SD Negeri Adiwerna 01 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk pembelajaran, yaitu (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa modifikasi permainan bulutangkis ), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli Penjasorkes dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba skala kecil dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba skala besar (23 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan uji coba skala besar, (7) hasil akhir model modifikasi permainan bulutangkis dalam pembelajaran Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan perumahan siswa kelas V SD Negeri Adiwerna 01 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan observasi yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek kognitif, psikomotor dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjaorkes 81,33% (baik), ahli pembelajaran I 81,33% (baik), ahli pembelajaran II 89,33% (baik), uji coba skala kecil 93,89% (sangat baik), uji coba skala besar 93,55% (sangat baik), Aktifitas siswa skala kecil 91,67% (sangat baik), skala besar 96,67% (sangat baik), Kerjasama siswa skala kecil 93% (sangat baik), skala besar 82,33% (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa modifikasi permainan bulutangkis melalui pendekatan lingkungan perumahan ini dapat digunakan bagi siswa kelas V SD Negeri Adiwerna 01 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru Penjasorkes di Sekolah Dasar untuk menggunakan produk model pembelajaran modifikasi permainan bulutangkis melalui pendekatan lingkungan perumahan ini pada siswa untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modifikasi Permainan Bulutangkis
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2012 20:15
Last Modified: 16 Jul 2012 20:15

Actions (login required)

View Item